Tak Perlu Khawatir Gagal Lulus CPNS, Pemerintah Akan Kembali Buka Pendaftaran di 2020

Kamis, 13 Februari 2020 06:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Tak Perlu Khawatir Gagal Lulus CPNS, Pemerintah Akan Kembali Buka Pendaftaran di 2020 Tes SKD CPNS Banyuwangi. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Proses penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 tengah berlangsung. Saat ini tengah dilakukan seleksi kompetensi dasar (SKD). Bagaimana jika Anda tidak lulus? Tidak perlu khawatir, Anda masih bisa mencoba lagi tahun ini asal batas usia tak terlewati.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana memberi sinyal pendaftaran CPNS tahun ini kembali diadakan mulai September mendatang. Namun, dia belum dapat merinci berapa jumlah formasinya.

"Kita belum dapat informasinya, mungkin setelah ini. Tapi kalau ada lagi, mungkin nanti September baru akan. Berapa formasinya belum tahu," ujar Bima.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Andi Rahadian mengatakan, pemerintah saat ini masih berfokus menyelesaikan tahap perekrutan CPNS 2019.

"Nanti kita lihat. Kita belum mengevaluasi perekrutan pengadaan CPNS tahun 2019. Seperti sebelumnya kan ada masa sanggah, kita harus lihat masa sanggahnya berhasil atau tidak," ungkapnya.

"Jadi masih banyak faktor, karena kita juga masih nunggu dari daerah. Informasi dari daerah juga kita belum tahu mau dibukanya (formasi CPNS) berapa," dia menandaskan.

1 dari 2 halaman

Pengajar dan Tenaga Kesehatan Jadi Posisi Paling Dibutuhkan dalam Seleksi CPNS 2020

tenaga kesehatan jadi posisi paling dibutuhkan dalam seleksi cpns 2020 rev2

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengatakan, pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2020 akan kembali dibuka jika kuota tahun ini belum mencukupi. Sebab, pada tahun-tahun sebelumnya, seleksi CPNS di beberapa daerah jumlah peserta yang lulus tidak mencukupi kebutuhan.

Dia mengungkapkan, saat ini tenaga yang dibutuhkan untuk CPNS adalah jurusan IT dan tenaga spesialis lainnya, seperti dokter hingga ahli intelijen untuk formasi di BIN. "Kalau ada yang memenuhi kebutuhan masih banyak maka tahun depan kalau (seleksi CPNS 2019) ini sudah selesai akan kami buka lagi," ujarnya.

Dia mengatakan, posisi yang akan paling banyak dibutuhkan pada 2020 adalah tenaga pengajar dan kesehatan, terutama untuk penempatan di daerah. "Jadi ke depan kita mengutamakan untuk pengadaan tenaga guru, dan tenaga kesehatan, di tambah tenaga-tenaga penyuluhnya. Makanya kalau tahun ini sudah, kita nanti buka lagi," tutupnya.

2 dari 2 halaman

Pemerintah Pastikan Buka Penerimaan PNS Baru Tiap Tahun Hingga 2024

buka penerimaan pns baru tiap tahun hingga 2024 rev6

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Syafruddin, mengatakan Indonesia membutuhkan lebih banyak abdi negara untuk membawa perubahan dalam hal birokrasi. Sampai dengan saat ini, kata dia, RI masih jauh tertinggal dengan Singapura dalam jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Sebab itu, jumlah ini dinilai masih belum ideal untuk melayani masyarakat. "2017 ada 4,5 juta PNS, masih sangat sedikit. Tahun ini kita akan rekrut 100.000 lagi (PNS). Jadi 5 tahun akan datang kita bisa rekrut 25 persen talenta, 2024 kita masih butuh 200.000 talenta," ujarnya di Gedung KemenPAN-RB, Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Menteri Syafruddin menjelaskan, target 25 persen tersebut perlu dicapai karena sejalan dengan visi fokus pemerintah 2019-2024 saat ini yakni pada pembangunan sumber daya manusia (SDM).

"25 persen harus kita raih untuk ubah birokrasi ini, seperti Singapura. Mereka 2.000 talenta dengan 2 juta penduduk. Kalau kita 4,5 juta masih belum jauh 25 persen," ujarnya.

Adapun pihaknya menegaskan akan terus berupaya melahirkan talenta-talenta terbaik PNS guna mengoptimalkan pelayanan kepada negara. "Kita sudah hasilkan talenta-talenta terbaik PNS. Hanya saja 182.000 dibanding jumlah PNS 4,5 juta itu masih sangat sedikit," terangnya.

[bim]

Baca juga:
Kejadian Heboh Seputar CPNS 2019 Sejauh ini, Ada Peserta Kontraksi Saat Tes
Cegah Kecurangan, BKN Siapkan Alat Pendeteksi Jimat untuk Peserta CPNS
Molor Dari Target, Tes SKD CPNS 2019 Baru Akan Selesai Awal Maret 2020
Pemerintah Jokowi Kembali Rekrut CPNS di September 2020
Pemerintah Ingin Perekrutan CPNS Bisa Digelar Setiap Hari Sesuai Kebutuhan
Ekspresi Para Peserta Tes CPNS
Tes SKD CPNS Mulai Diselenggarakan Hari Ini

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini