Tak kunjung untung, pabrik Chevrolet di Bekasi tutup Juni 2015

Jumat, 27 Februari 2015 12:14 Reporter : Moch Wahyudi
Tak kunjung untung, pabrik Chevrolet di Bekasi tutup Juni 2015 Chevrolet Spin. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - General Motors (GM) berencanamenutup pabrik sudah dioperasikan sejak 1995 di Bekasi, Jawa Barat, pada akhir Juni mendatang. Sebab,pabrikan otomotif asal Detroit, Amerika Serikat, itu tak kunjung meraup untung.

Pada 2014, GM hanya mampu menjual 10.758 kendaraaan di Indonesia. Turun ketimbang tahun sebelumnya 14.971 kendaraan.

Tim Zimmerman, Presiden GM untuk Asia Tenggara, mengakui penutupan itu bakal berdampak pada pemutusan hubungan kerja sekitar 500 pekerja.

"Kami tahu keputusan ini pasti sangat mengecewakan buat pekerja di Indonesia. Namun, kami akan bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk membantu para pekerja," katanya seperti dikutip detroitnews.com, Jumat (27/2).

Sejatinya, ini bukan pertama kalinya GM menutup pabrik memproduksi kendaraan multiguna, Chevrolet Spin, itu. GM sempat menutup pabrik tersebut sepanjang 2005-2013, sebelum akhirnya dibuka kembali dengan gelontoran investasi sekitar USD 150 juta.

Kendati kembali menutup pabrik, GM bakal tetap menjual produknya di Indonesia. Itu meliputi Chevy Aveo, Spin, Spin Activ, Orlando, Captiva, Colorado, dan Trailblazer.

Stefan Jacoby, GM executive vice president, beralasan pihaknya tengah mengalami transformasi menyesuaikan pasar. Transformasi ini diyakini bakal memerkuat bisnis dan jaringan diler.

"Dengan fokus membangun brand Chevrolet dan meningkatkan daya saing guna memenuhi keinginan kustomer di Indonesia."

Akibat penutupan ini, akhir Februari, Presiden GM Indonesia Michael Dune bakal menanggalkan jabatannya untuk memulai berbisnis sendiri. Untuk sementara, pucuk pimpinan GM di Tanah Air bakal dipegang Chief Finanical Officer Pranav Bhatt. [yud]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini