Tak Ada yang Siap, Negara Saling Contek Kebijakan Hadapi Pandemi Virus Corona

Selasa, 12 Mei 2020 15:44 Reporter : Dwi Aditya Putra
Tak Ada yang Siap, Negara Saling Contek Kebijakan Hadapi Pandemi Virus Corona Sri Mulyani. ©2017 merdeka.com/anggun situmorang

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa tidak ada negara yang siap menghadapi pandemi virus corona atau Covid-19. Bahkan, banyak negara-negara maju saling menyontek dan mengkaji kebijakan negara yang sukses menghadapi wabah virus tersebut.

"Semua negara di dunia saling melihat dan mengkaji untuk menetapkan langkah langkah yang paling tepat bagi negaranya. Mengambil pelajaran dari pengalaman negara yang dianggap sukses," kata Sri Mulyani dalam sidang Paripurna DPR RI, di Jakarta, Selasa (12/5).

Bendahara Negara ini mengatakan,penyebaran Covid-19 secara global sampai saat ini masih belum dapat dipastikan kapan dan bagaimana akan dapat diatasi. Beberapa negara bahkan berupaya merumuskan langkah-langkah kebijakan di bidang kesehatan yang berimplikasi secara luas di bidang sosial ekonomi dan keuangan.

Di Indonesia sendiri, untuk mencegah penyebaran Covid-19 dilakukan dengan berbagai langkah. Mulai dari melakukan pembatasan sosial atau social distancing berupa larangan perjalanan, penutupan perbatasan, penutupan sekolah, penutupan kantor dan tempat kerja, penutupan tempat ibadah, bahkan isolasi suatu wilayah pun dilakukan.

1 dari 1 halaman

Pelarangan Mudik

rev1

Tak hanya itu, keputusan berat pemerintah lainnya juga diambil melalui pelarangan mudik Lebaran 2020. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) juga diterapkan di berbagai provinsi dan daerah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Berbagai kebijakan itu disadari oleh pemerintah menyebabkan aktivitas manusia turun drastis. Akibatnya aktivitas ekonomi terganggu dari dua sisi sekaligus, baik dari sisi permintaan maupun penawaran.

"Tingkat konsumsi tertekan, tingkat produksi terkendala, dan rantai pasok global terganggu," kata dia. [idr]

Baca juga:
Sri Mulyani Sebut Covid-19 Jadi Ancaman Nyata Bagi Masyarakat dan Negara
Curhat Bos AP I: Sektor Penerbangan Terpuruk Sepanjang Sejarah Akibat Corona
China Jadi Salah Satu Negara dengan Pemulihan Ekonomi Paling Cepat
Pemerintah Diimbau Pilih Waktu yang Tepat untuk Perbaiki Ekonomi Akibat Corona
Dua Pilihan Korban PHK: Menjadi Pengangguran atau Beralih ke Sektor Informal
Bos Bappenas Sebut Optimisme Jadi Cara Untuk Atasi Pandemi Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini