Tak Ada Tunjangan Kinerja PNS, Sri Mulyani Bantah Ada Penghematan Anggaran

Senin, 24 Mei 2021 16:27 Reporter : Dwi Aditya Putra
Tak Ada Tunjangan Kinerja PNS, Sri Mulyani Bantah Ada Penghematan Anggaran Menkeu Sri Mulyani. ©Humas Kemenkeu

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati membantah telah melakukan penghematan anggaran di tengah pandemi Covid-19 yang masih terjadi saat ini. Pernyataan ini merespons terhadap pemberitaan media massa yang menyebutkan pemerintah melakukan penghematan lantaran adanya pemotongan belanja kementerian/lembaga (K/L).

"Jadi sekarang media massa agak membuat berita yang membingungkan seolah-olah kami membuat penghematan, sebetulnya tidak ada penghematan. Belanja K/L kita minta dipotong untuk dipindahkan menjadi belanja pemulihan ekonomi," jelas Sri Mulyani, dalam Rapat Kerj bersama Komisi XI DPR RI, Senin (24/5).

Sri Mulyani mengatakan pemerintah telah membuat cadangan untuk Undang-Undang APBN 2021. Namun, karena adanya pandemik Covid-19, pemerintah melihat cadangan tersebut jauh lebih besar untuk kebutuhan pemulihan ekonomi.

"Kita kemudian menggunakan belanja K/L yang prioritasnya kita anggap jauh lebih penting untuk melindungi masyarakat dan ekonomi sehingga belanja untuk pemulihan ekonomi naik drastis," imbuh dia.

Pemindahan prioritas anggaran tersebut kemudian berimbas pada pembayaran tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 bagi para pegawai negeri sipil (PNS). Pada akhir April silam, Sri Mulyani mengonfirmasi bahwa pembayaran THR dan gaji ke-13 bagi PNS tidak akan menyertakan tunjangan kinerja alias tukin, melainkan hanya gaji pokok dan tunjangan melekat.

Bendahara Negata tersebut mengakui bahwa keputusan pemerintah tidak menyertakan tukin dalam pembayaran THR dan gaji ke-13 PNS adalah untuk mendorong pemulihan ekonomi. "Perubahan dari alokasi anggaran THR tahun anggaran 2021 mencerminkan pemihakan pemerintah bagi penanganan COVID-19 dan penggunaan anggaran pemerintah untuk mendorong pemulihan ekonomi," tandasnya. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini