Syarat Indonesia Bisa Keluar Lebih Cepat dari Negara Berpenghasilan Menengah

Kamis, 29 April 2021 12:22 Reporter : Dwi Aditya Putra
Syarat Indonesia Bisa Keluar Lebih Cepat dari Negara Berpenghasilan Menengah pertumbuhan ekonomi. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Pemerintah menargetkan Indonesia mampu menjadi negara penghasilan tinggi (high income country) pada 2045, tepat satu abad kemerdekaan Indonesia nanti. Dengan menjadi negara maju maka Indonesia bisa lepas dari jebakan negara berpenghasilan menengah (middle income trap).

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Suharso Monoarfa mengatakan, Indonesia sebetulnya bisa keular lebih cepat dari jebakan negara berpenghasilan menengah di 2036. Dengan catatan ekonomi Indonesia mampu tumbuh rata-rata dikisaran 6 persen.

"Kita proyeksikan pada 2036, mudah-mudahan kita bisa keluar dari middle income country trap," ujarnya dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Pusat 2021, secara virtual, Kamis (29/4).

Namun untuk mencapai hal tersebut, dirinya menyadari tantangan Indonesia cukup besar. Mulai melakukan transformasi ekonomi, melakukan perubahan yang lower produktivity ke higher productivity sector dan meningkatkan produktivitas di masing-masing sektor.

"Tanpa adanya redesign transformasi ekonomi, apabila pertumbuhan ekonomi kita hanya 5 persen bahkan hitungan sederhana kita, pada 2045 kita belum graduasi dari midlle income trap," jelasya.

Menurutnya ini menjadi tantangan bagi Indonesia untuk mewujudkan hal tersebut. Apalagi Filipina pada 2037 dan Vietnam di 2043 akan segera melepaskan diri dari negara berpenghasilan menengah. "Kita juga tertantang dengan negara sekitar kita," jelasnya. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini