KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Syarat Indonesia biar jadi negara maju

Selasa, 18 September 2012 19:54 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Agus Martowardojo. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Kementerian Keuangan mengungkapkan optimismenya jika Indonesia bisa menjadi negara maju sesuai dengan prediksi McKinseyGlobal Indonesia.

Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, mengatakan terdapat setidaknya tiga syarat agar Indonesia menjadi negara perekonomian ketujuh terbesar dunia. Syarat pertama ialah pengelolaan penggunaan energi yang baik.

Saat ini, kebutuhan energi dalam negeri, masih bergantung pada energi fosil khususnya minyak bumi belum mengembangkan energi baru terbarukan. Selain itu Indonesia masih menganggarkan subsidi yang besar untuk sektor energi ini. "Sektor energi harus dikelola dengan baik," ujarnya saat ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa (18/9).

Syarat kedua, lanjutnya, pengelolaan sumber daya manusia (SDM)dengan pendidikan yang merata. Hal ini agar keahlian SDM Indonesiaseimbang di seluruh Indonesia.

Syarat ketiga, adalah peningkatan dan perbaikan produktivitas di sektor pertanian. Kesemua syarat itu perlu dilakukan untuk mendukung pertumbuhan. "Indonesia kalau bisa mempertahankan pertumbuhan dan pembangunannya, kita bisa masuk enam atau tujuh besarnegara terbesar," ungkapnya.

Seperti diketahui, menurut laporan yang diterbitkan oleh McKinseyGlobal Indonesia (MGI) Indonesia berpotensi akan menjadi negaraekonomi terbesar ke 7 dunia pada tahun 2030. [arr]

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.