Syarat agar Pelaku Usaha Indonesia Bisa Tembus Pasar Inggris

Kamis, 18 Februari 2021 20:45 Reporter : Merdeka
Syarat agar Pelaku Usaha Indonesia Bisa Tembus Pasar Inggris Pelabuhan. ©2013 Merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Indonesia mengantongi modal besar untuk bisa meningkatkan ekspor kopi, teh, dan kakao ke Inggris. Namun, memang ada sejumlah persyaratan atau persiapan agar bisa menembus pasar Negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Hal tersebut diungkapkan oleh Atase Perdagangan KBRI London, Rizalu Akbar. Menurutnya, salah satu persyaratan penting yaitu labelling requirements.

Persyaratan tersebut artinya, pemilik harus serinci mungkin menginformasikan tentang apa yang ada di dalam produknya. Selain itu, juga ada persyaratan mengenai kemasan tertentu yang harus dipenuhi sebelum masuk ke pasar Inggris.

Dari sisi keamanan makanan pun harus dipenuhi. Sebaiknya, kata Rizalu, pelaku usaha memastikan tidak ada kandungan pestisida di dalam produknya karena berpotensi tidak akan bisa masuk ke pasar Inggris.

"Terkait keamanan produk juga sangat penting untuk kesehatan. Kesehatan merupakan hal penting di Inggris, sehingga ada beberapa kandungan yang tidak diperbolehkan," tutur Rizalu dalam webinar dengan Kementerian Perdagangan pada Kamis (18/2).

Selama bisa memenuhi persyaratan yang ditentukan, maka peluang memasuki pasar Inggris terbuka lebar.

"Selama bisa memenuhi persyaratan, seperti labelling, packaging, keamanan makanan, ada sertifikat untuk produk organik misalnya, juga ISO, itu bisa menjadi beberapa bekal kita masuk pasar Inggris," sambungnya.

Baca Selanjutnya: Peluang Masih Besar...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini