Susinisasi, jurus Menteri Susi hemat anggaran belanja

Kamis, 19 April 2018 13:45 Reporter : Merdeka
Susinisasi, jurus Menteri Susi hemat anggaran belanja Susinisasi. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti punya jurus dalam menghemat anggaran, yang diberi nama Susinisasi. Menurutnya, jurus ini dinamakan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Dia mengklaim sistem ini lebih transparan. Buktinya selama tiga tahun, Kementerian Kelautan dan Perikanan bisa mengembalikan uang negara hingga Rp 8,83 Triliun.

"Susinisasi ini yang beri nama pak presiden, dan wakil presiden bukan saya," ucap dia, Kamis (19/4).

Susi menjelaskan, kementeriannya menggunakan skala prioritas dalam menggunakan uang negara. "Kami efisiensi program-program pendukung," imbuhnya.

Kemudian, dalam pengajuan program dilarang menggunakan kata-kata bersayap. Misalnya, pemberdayaan, penguatan dan semacamnya. "Kalau mau berdayakan nelayan langsung saja, mau beli jaring, kapal dan sebagainya," ujar dia.

Selain itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan juga mengedepankan keterbukaan. "Kami selalu publikasi apapun di website termasuk anggaran yang dikeluarkan seperti pembelian kapal. Jadi masyarakat tau harganya," tutup dia.

Reporter: Ady Anugrahadi

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini