Susi: Orang Gila Kalau Berpikir Banyak Larangan Bikin Sektor Perikanan Susah

Rabu, 9 Oktober 2019 14:19 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Susi: Orang Gila Kalau Berpikir Banyak Larangan Bikin Sektor Perikanan Susah Menteri Susi Pudjiastuti. ©2016 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyentil pihak-pihak yang mempersoalkan pengawasan ketat yang dia lakukan. Dia merasa aneh dengan pihak-pihak yang mengatakan bahwa pengetatan pengawasan dan penenggelaman kapal bakal bikin investor lari.

"Ada yang bilang katanya investor takut dengan penenggelaman kapal ya tidak benar. Orang mau investasi kok takut penenggelaman kapal. Memangnya yang investasi yang ditenggelamkan. Yang ditenggelamkan kan kapal pencuri ikan, yang nyolong. Ada yang bilang investor takut ketegasan ibu Menteri. Aneh," kata dia, di Gedung Mina Bahari IV, Jakarta, Rabu (9/10).

Menurutnya, pengawasan dan pengaturan ketat yang dia lakukan justru meningkatkan ketersediaan sumber daya kelautan dan perikanan. Juga meningkatkan produktivitas.

"Sumber daya perikanan dan kelautan kita sangat produktif. Makin dia diatur. Makin dia dijaga makin dia produktif. Jadi orang gila kalau yang berpikir terlalu banyak larangan, bikin ikan susah," ungkapnya.

Dia menjelaskan, meski pemerintah menerapkan aturan yang ketat, namun bukan berarti pemerintah menutup investasi. Seperti dalam Perpres Nomor 44 Tahun 2016, pemerintah memang melarang investasi asing untuk penangkapan ikan. Namun untuk pengolahan ikan, pemerintah membuka investor asing untuk masuk.

"Investasi asing kan oleh Pak Presiden memang tidak boleh oleh Perpres 44 di bidang penangkapan ikan, tapi untuk prosesing, lain-lain, 100 persen sekarang boleh. Bikin pabrik perikanan 100 persen saham asing boleh. Itu keterbukaan kita," tegasnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini