Survei: Dibanding Masyarakat, Pengusaha Lebih Puas Atas Kinerja Jokowi

Kamis, 23 Juli 2020 16:35 Reporter : Sulaeman
Survei: Dibanding Masyarakat, Pengusaha Lebih Puas Atas Kinerja Jokowi Presiden Joko Widodo. ©2020 Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Direktur Eksekutif Survei Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menyatakan, tingkat kepuasan pengusaha atas kinerja presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Juli lebih tinggi dibandingkan tingkat kepuasan masyarakat umum atau publik atas kinerja pemerintah. Pernyataan ini berdasarkan hasil survei yang baru saja dirilis oleh Lembaga Survei Indikator Politik.

Diketahui, 8,0 persen pengusaha menyatakan sangat puas dengan kinerja Jokowi. Kemudian, 56,8 persen pengusaha merasa cukup puas atas kinerja mantan walikota solo tersebut.

"28,2 persen pelaku usaha merasa kurang puas atas kinerja di bulan ini. Juga 1,9 persen yang mengaku tidak puas sama sekali. Kami juga mencatat ada 5,1 pengusaha yang tidak menjawab," tegas dia dalam dalam rilis survei nasional via daring, Kamis (23/7).

Sementara itu, 5,1 persen publik yang menyatakan sangat puas dengan kinerja Jokowi, angka ini lebih rendah dari penilaian pengusaha. Kemudian, 60,6 persen publik mengaku cukup puas dengan kinerja pada Juli ini.

Lalu, 29,0 persen publik merasa kurang puas dengan kinerja presiden. Bahkan, 2,1 persen masyarakat menilai tidak puas dengan kinerja Jokowi. Sedangkan ada 3,7 persen masyarakat yang tidak menjawab.

"Secara umum, mayoritas responden (64,8 persen) merasa sangat atau cukup puas dengan kinerja Joko Widodo sebagai presiden. Namun untuk tingkat sangat puas, justru lebih tinggi oleh pengusaha dengan 8,0 persen berbanding 5,1 persen. Apa penyebabnya, Wallahualam," ujarnya.

Adapun Survei dilaksanakan pada 29 Juni sampai 11 Juli dengan 1.200 responden, wawancara dilakukan melalui telepon. Margin of error 2,9 persen serta tingkat kepercayaan 95 persen. [azz]

Baca juga:
Indikator: Pelaku Usaha Nilai Kinerja Pemerintah Buruk Tangani Covid-19
Jokowi: Ekonomi Kuartal III Harus Naik, Kalau Tidak Kita akan Lebih Sulit
Ibu Kota Pindah dan Nasib Suku Dayak yang Terabaikan
Pesan Jokowi dan Iriana di Hari Anak Nasional
Jokowi: Proyeksi Ekonomi Global Isinya Hanya Minus-Minus
Idul Adha, Jokowi Bantu 2 Ekor Sapi Untuk Pemkot Solo

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini