Survei: Mayoritas Alumni Menilai Pendaftaran Kartu Prakerja Mudah Dilakukan

Kamis, 20 Mei 2021 19:15 Reporter : Idris Rusadi Putra
Survei: Mayoritas Alumni Menilai Pendaftaran Kartu Prakerja Mudah Dilakukan Jokowi Kartu Prakerja. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Mayoritas penerima Program Kartu Prakerja menilai rangkaian proses pendaftaran, mulai dari mendapatkan informasi pembukaan gelombang, syarat dan ketentuan, proses pendaftaran hingga tes kemampuan dasar, cukup mudah untuk dilakukan.

"Angka persetujuan tiap variabel di atas 90 persen, kecuali untuk kemudahan melakukan pendaftaran yang tercatat sebesar 87,6 persen. Masih ada sekitar 12 persen yang tidak setuju sehingga bisa menjadi bahan evaluasi bagi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja," ungkap Direktur Riset Cyrus Network, Fadhli MR saat memaparkan hasil surveinya, Kamis (19/5).

Dalam hal membeli dan mengikuti pelatihan, 94,1 persen responden setuju dan sangat setuju bahwa proses membeli pelatihan mudah dilakukan sementara 93,7 persen mengatakan mudah mengikuti pelatihan online.

Untuk ketepatan waktu pencairan insentif, responden yang menyatakan setuju dan sangat setuju bahwa insentif diterima tepat waktu ada 83,6 persen. "Masih ada 16,4 persen yang tidak setuju dengan pernyataan itu. Meski mayoritas masih setuju, tapi dibanding penilaian terhadap variabel lain prosentasenya lebih rendah," ujar Fadhli.

Penerima Program Kartu Prakerja mengaku, sumber utama untuk memperoleh informasi tentang Program Kartu Prakerja paling banyak adalah dari teman, 52 persen word of mouth dan 28,2 persen dari media sosial. Selanjutnya adalah dari media online 13,7 persen dan televisi 4,8 persen. Dari 565 responden yang mendapat informasi dari media sosial. 51,2% mengaku mendapatkan informasi tersebut dari Instagram, 40,4 persen dari Facebook dan 4,1 persen dari YouTube.

Fadhli MR mengatakan kecenderungan ini adalah hal yang wajar karena jika dilihat dari demografi populasi penerima Program Kartu Prakerja dan responden survei ini, secara usia paling banyak ada di rentang usia 18-35 tahun, jumlahnya mencapai 70 persen. Selanjutnya ada di rentang 36-45 tahun yang jumlahnya antara 16-18 persen. Dari sisi pendidikan populasi dan responden, paling banyak adalah SMA dan Sarjana.

Baca Selanjutnya: Akrab dengan Media Sosial...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kartu Prakerja
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini