Survei Kemenhub: Mayoritas Masyarakat Enggan Bepergian saat Libur Panjang

Jumat, 23 Oktober 2020 18:39 Reporter : Anisyah Al Faqir
Survei Kemenhub: Mayoritas Masyarakat Enggan Bepergian saat Libur Panjang Arus balik di Tol Cikampek. ©2014 merdeka.com/muhammad lutfhi rahman

Merdeka.com - Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Perhubungan melakukan survei online terkait rencana masyarakat selama libur panjang 28 Oktober sampai 1 November 2020 mendatang.

Hasil survei menunjukkan, 77 persen responden memilih tidak melakukan perjalanan selama masa libur panjang pekan depan. Alasannya mereka merasa lebih aman tinggal di rumah saja sebanyak 50,6 persen dan demi mencegah tertular Covid-19 sebanyak 40,5 persen.

Tak hanya itu, responden yang menyatakan tidak memiliki biaya atau terhambat faktor ekonomi sebesar 7,7 persen. Sedangkan responden yang masih belum percaya menggunakan jasa transportasi angkutan umum sebanyak 1,2 persen.

"Tingkat kesadaran masyarakat untuk tidak bepergian di masa pandemi ini memang sudah tinggi demi menghindari penularan (virus corona) selama bepergian," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Perhubungan, Umiyatun Hayati Triastuti dalam konferensi pers virtual, Jakarta, Jumat (23/10).

Sementara itu responden yang menjawab akan melakukan perjalanan selama libur panjang sebanyak 23 persen. Tujuan perjalanan didominasi untuk berlibur ke tempat wisata sebanyak 46,8 persen, pulang kampung sebanyak 40,5 persen, berkunjung ke rumah saudara sebanyak 18,2 persen.

Tiga tujuan perjalanan di dominasi menuju Jawa Tengah sebanyak 21,61 persen, Jawa Barat 20,17 persen dam Jawa Timur sebanyak 15,56 persen.

Baca Selanjutnya: Pilihan Moda Transportasi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini