Survei: Indonesia Masih Jadi Tempat Aman Untuk Berinvestasi

Kamis, 11 April 2019 15:54 Reporter : Dwi Aditya Putra
Survei: Indonesia Masih Jadi Tempat Aman Untuk Berinvestasi investasi. shutterstock

Merdeka.com - Panel Ahli Katadata Insight Center, Wahyu Prasetyawan mengatakan bahwa tingkat kepercayaan investor terhadap Indonesia saat ini semakin membaik. Hal ini tercermin dari posisi Indeks Kepercayaan Investor pada Pemerintah (IKIP) Kuartal I-2019 berada dilevel 172,1.

"Di pasar keuangan internasional itu dia punya kepercayaan bahwa Indonesia masih menjadi tempat yang aman untuk berinvestasi," katanya saat ditemui di Jakarta, Kamis (11/4).

Wahyu mengatakan apabila dibandingkan dengan negara emerging market lainnya, Indonesia juga masih unggul terhadap tingkat kepercayaan investasinya. "Indonesia dengan negara-negara sejenis kaya Brazil Turki, Indonesia itu sekarang jadi tempat yang menarik kalau menurut saya," katanya.

Namun demikian, di tengah situasi politik saat ini dirinya berharap agar pesta demokrasi yang akan segera berlangsung pada 17 April 2019 mendatang dapat berjalan aman dan baik. Sebab, keberlangsungan ini pun akan semakin menjadi ketertarikan investor asing.

"Apalagi kalau kita bisa selesaikan hajatan politik ini tidak ada ribut-ribut artinya orang kan melihat Indonesia bisa baik, politikal kompetisi degan baik akan dapat kredit yang baik dari investor. Karena investor kan tanam uang ya, mereka tidak mau tanam uang yang banyak kerusuhan gampangnya begitu kira-kira," pungkasnya.

Sebelumnya, Katadata Isight Center (KCI) merilis Indeks Kepercayaan Investor terhadap Pemerintah (IKIP) di kuartal I-2019. Dari hasil survei yang dilakukan terhadap 255 investor yang mengelola dana lebih dari Rp 700 triliun, menunjukkan bahwa kinerja pemerintah pada kuartal I-2019 mengalami perbaikan dibandingkan kuartal IV-2018 lalu.

Wahyu mengatakan posisi indeks kepercayaan investor pada kuartal pertama berada dilevel 172,1. Angka ini meningkat dibandingkan kuartal-IV pada tahun lalu yang berada di level 156,2.

"Angka di atas 100 persen menggambarkan mayoritas investor di pasar finansial memberikan penilaian yang baik terhadap kinerja pemerintah saat ini," katanya. [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini