Survei BPS, Yogya pemberi gaji terkecil tapi warganya paling bahagia

Selasa, 15 Agustus 2017 17:04 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Survei BPS, Yogya pemberi gaji terkecil tapi warganya paling bahagia Bangunan tua di Malioboro Yogyakarta. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Deputi Bidang Statistik Sosial badan Pusat Statistik (BPS), Sairi Hasbullah mengungkapkan tingkat kemiskinan tidak mempengaruhi kebahagian suatu daerah. Menurutnya, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan daerah berpenghasilan paling kecil di Pulau Jawa. Tetapi, Yogyakarta merupakan daerah dengan indeks kebahagiaan paling tinggi di Pulau Jawa yakni 72,93 persen.

"Paling miskin tapi paling bahagia karena hubungan-hubungan sosial mereka bagus, merasa berharga, merasa dihargai oleh komunitas, merasa bangga bisa tolong menolong. Ini dimensi kebahagiaan yang luar biasa," ujarnya di kantornya, selasa (15/8).

BPS telah melakuakn survei kebahagiaan yang dilakukan di 34 provinsi di Indonesia. Dari 34 provinsi ini, 24 provinsi memiliki nilai indeks kebahagiaan di atas angka nasional.

"Hal ini berarti mayoritas provinsi di Indonesia sudah memiliki nilai Indeks Kebahagiaan di atas angka nasional," ujar Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto.

Indeks Kebahagiaan antar provinsi bervariasi dengan rentang antara 67,52 persen sampai dengan 75,68 persen. Tiga provinsi yang memiliki nilai Indeks Kebahagiaan tertinggi secara berturut-turut adalah Provinsi Maluku Utara (75,68), Maluku (73,77), dan Sulawesi Utara (73,69).

Sementara, Provinsi Papua (67,52), Sumatera Utara (68,41) dan Nusa Tenggara Timur (68,98) merupakan tiga provinsi yang memiliki Indeks Kebahagiaan terendah. [sau]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini