Survei: 20,8 Persen Masyarakat Indonesia Masih akan Lakukan Mudik Lebaran 2021

Selasa, 4 Mei 2021 16:30 Reporter : Sulaeman
Survei: 20,8 Persen Masyarakat Indonesia Masih akan Lakukan Mudik Lebaran 2021 Arus mudik di Pelabuhan Merak. ©Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanudin Muhtadi mengatakan, animo masyarakat Indonesia untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran 2021, melakukan kunjungan pada sanak saudara, atau pergi ke tempat wisata di tengah pandemi Covid-19 masih tinggi. Yakni mencapai sebanyak 20,8 persen.

"Ini angka 20,8 persen itu cukup tinggi, harus menjadi pusat perhatian," ungkap dia dalam rilis survei bertajuk Persepsi Ekonomi dan Politik Jelang Lebaran, Selasa (4/5).

Sedangkan 38,6 persen masyarakat mengaku kecil untuk melakukan kegiatan Mudik Lebaran 2021 maupun berwisata. Selanjutnya 34,2 persen menyatakan memiliki kemungkinan sangat kecil untuk melakukan kegiatan pulang kampung maupun pelesiran di tengah pandemi Covid-19.

"Sementara 6,5 persen masyarakat lainnya memilih tidak menjawab," bebernya.

Adapun, alasan masyarakat masih ngotot melakukan mudik maupun berwisata di tengah pandemi Covid-19 ialah berkunjung ke rumah keluarga, rindu keluarga, dan bisa menggunakan protokol kesehatan. Lalu, bosan di rumah, acara tahunan, hingga penularan dianggap Covid-19 sudah melandai.

"Sementara alasan bagi mereka yang memilih tidak melakukan mudik maupun berwisata yakni untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19, agar pandemi segera berakhir, dan mematuhi aturan pemerintah," terangnya.

Baca Selanjutnya: Tindak Lanjut Survei...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini