Sudah serba online, DPR dukung 'hilangkan' loket tiket di bandara

Senin, 2 Februari 2015 17:33 Reporter : Angga Yudha Pratomo
Sudah serba online, DPR dukung 'hilangkan' loket tiket di bandara AirAsia di Bandara Soekarno-Hatta. ©2014 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Mulai 15 Februari 2015, PT Angkasa Pura II akan menutup semua konter atau loket yang menjual tiket di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Rencana itu mendapat dukungan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Tidak ada konter tiket di bandara tak masalah. Itu juga untuk menghindari, maskapai bilang tiket sudah full," kata anggota Komisi V DPR Roemkono di Jakarta, Senin (2/2).

Meski begitu dia mengingatkan, sebelum kebijakan ini diberlakukan, sistem di Bandara Soekarno-Hatta harus sudah rapi. Dengan begitu, rencana penghapusan loket di bandara bisa berjalan maksimal.

"Selama itu tertib, tak masalah. Kalau sistemnya sudah bagus, semua terkoneksi internet, ya tidak usah lagi pakai konter tiket," ujar politisi Partai Golkar tersebut.

Seperti diketahui, penutupan konter tiket di bandara tersebut dilakukan berguna untuk peningkatan pelayanan publik di Bandara yang ada di seluruh Indonesia.

Manajer Humas dan Protokoler Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Yudis Tiawan mengatakan, Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan surat edaran pada 31 Desember 2014 lalu.

Dalam surat bernomor: HK .209/I/16PHB.2014 di dalamnya berisi tentang instruksi untuk seluruh bandara yang ada di Indonesia tentang peningkatan pelayanan publik.

"Ada lima point di dalamnya, pertama soal meniadakan ruang penjualan tiket atau (ticket sales counter) yang ada di gedung terminal penumpang. Kedua, melarang penggunaan taksi yang tidak terdaftar untuk beroperasi di Bandara," ujar Yudis, Minggu (1/2) di Tangerang, Banten.

Ketiga, lanjut Yudis, memberlakukan larangan merokok di area sisi udara (air side) dan di ruangan yang memiliki akses ke sisi udara. Keempat, menyediakan customer service lounge bagi airlines untuk melayani kebutuhan penumpang termasuk fare adjustment.

"Sedangkan yang kelima kami diminta untuk mensosialisasikannya," ujar Yudis.

Saat ini di Bandara Internasional Soekarno-Hatta terdapat enam konter tiket. Pada Terminal 1A, B, dan C terdapat konter tiket milik maskapai penerbangan Lion Air, Batik Air, Sriwijaya Air, dan Citilink. Sedangkan di Terminal 2, terdapat konter tiket pesawat milik maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

"Kalau di Terminal 3 terdapat konter pesawat milik maskapai AirAsia," rincinya.

Dengan demikian, kata dia, pihaknya mengimbau kepada seluruh pengguna jasa bandara di sana, ketika sampai di terminal sudah memiliki tiket. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini