Sudah Punya Dana Jumbo, Pelindo Belum Berencana untuk IPO

Kamis, 19 Mei 2022 15:24 Reporter : Merdeka
Sudah Punya Dana Jumbo, Pelindo Belum Berencana untuk IPO IHSG di BEI. ©2018 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo menunda langkah pencatatan perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) subholding keempat anak usahanya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sebelumnya, perseroan sempat berencana untuk menembus pasar modal pasca melakukan merger.

Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono percaya diri, pihaknya kini sudah punya dana jumbo setelah empat BUMN pelabuhan bergabung jadi satu. Sehingga dirinya belum terpikir untuk melakukan IPO.

"Rencana IPO tahun 2019-2020 itu sebelum merger. Tentunya setelah merger banyak perubahan. Rencana besar itu membutuhkan dana yang besar, maka salah satu opsi untuk memperoleh dana adalah IPO," ujar Arif di Museum Maritim, Jakarta, Kamis (19/5).

Pasca merger, ia menilai Pelindo secara keuangan relatif sudah mencukupi. Itu bersumber dari aset Pelindo I-IV yang digabungkan dalam Holding BUMN Pelabuhan.

"Karena ini adalah cara mengumpulkan dana. Alhamdulillah kita mempunyai dana besar, dan saat ini kami masih belum mengarah ke sana," imbuh Arif.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya Punya Rencana IPO

Adapun rencana awal IPO sebelumnya sempat digaungkan Pelindo II, yang hendak melepas saham untuk dua anak usahanya.

Namun rencana itu gagal lantaran pandemi yang menyerang per 2020 lalu, dimana Arif menilai pasar modal yang sedang anjlok tidak efisien untuk menambah kecukupan modal.

Wacana IPO kembali mengemuka pada Mei 2021, saat Pelindo I-IV hendak melakukan merger. Arif mengungkapkan, masing-masing dari empat perusahaan yang berada di bawah koordinasi Pelindo punya rencana go publik, antara lain yang bergerak di sektor petikemas, non-petikemas, peralatan laut, dan logistik.

Sumber: Liputan6

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana [ags]

Baca juga:
Pengoperasian Pelabuhan Bersama Pelindo, Nugra Santana Janji Rekrut Pekerja Lokal
Terminal Gilimas Siap Sambut Moto GP Mandalika
Percepat Pembayaran Pajak, Langkah Pelindo Dukung Pembangunan Daerah
Dukung GP Mandalika, Pelindo Sukses Layani Hotel Terapung Perdana
Lonjakan Pemudik di Makassar Diprediksi Mulai H-15 Lebaran
Jokowi Bakal Resmikan Tol Cibitung-Cilincing Juni 2022

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini