Sudah Mulai Bosan Kerja di Rumah? Berikut 4 Tips Agar Anda Tetap Produktif

Kamis, 2 April 2020 07:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Sudah Mulai Bosan Kerja di Rumah? Berikut 4 Tips Agar Anda Tetap Produktif Ilustrasi bekerja di rumah. ©Unsplash.com/brucemars

Merdeka.com - Bekerja dari rumah selama pandemi corona menjadi tantangan besar bagi banyak karyawan. Dengan jutaan pekerja yang bekerja dari jarak jauh untuk pertama kalinya, banyak yang berjuang untuk fokus bekerja meski ada gangguan, seperti mengasuh anak, mengurus rumah, dan teralihkan karena televisi.

Menurut survei baru yang dirilis oleh Glassdoor di mana hampir 1.000 karyawan Amerika, mencatat sekitar 32 persen karyawan mengatakan menonton TV adalah gangguan utama saat kerja di rumah. Sementara 27 persen lainnya mengatakan terganggu karena bekerja sambil mengurus anak.

"Saya pikir semua orang yang bekerja dari rumah menghadapi banyak tekanan. (Sangat mudah) terjebak dalam berita, panik, khawatir tentang kerabat Anda yang berusia lebih dari 60 tahun, atau khawatir tentang diri Anda sendiri dengan bertanya-tanya, 'Apakah saya memiliki tenggorokan yang gatal?' Ada begitu banyak hal emosional," kata pakar pengorganisasian dan produktivitas Julie Morgenstern dilansir CNBC Make It.

Untuk itu, pakar produktivitas Laura Vanderkam memberikan tips agar tetap produktif meski ada banyak gangguan saat bekerja di rumah.

1 dari 4 halaman

Rutinitas Pagi

Saat bekerja di luar rumah, Anda lebih mudah untuk mengikuti rutinitas yang meliputi bangun tidur, meninggalkan rumah, dan tiba untuk bekerja pada waktu tertentu. Hal-hal itu bisa membuat Anda tetap fokus dan semangat untuk bekerja.

Untuk itu, Anda juga bisa melakukan rutinitas tersebut meski sedang bekerja di rumah. Morgenstern mengatakan, waktu yang biasanya Anda gunakan untuk pergi bekerja setiap hari sekarang dapat digunakan untuk berolahraga, jurnal, bermeditasi, atau mendengarkan musik.

Jika Anda tidak memiliki waktu 1 jam untuk melakukan rutinitas pagi tersebut, maka Anda bisa meluangkan waktu 15-20 menit. Penelitian menunjukkan bahwa meluangkan waktu untuk perawatan diri adalah kunci untuk mengelola stres dengan lebih baik.

2 dari 4 halaman

Hindari Multitasking

Saat bekerja di rumah, banyak orang berpikir bisa multitasking dengan melakukan pekerjaan rumah sambil bekerja. Namun, penelitian dari University of Southern California menunjukkan bahwa multitasking sebenarnya mengarah pada penurunan produktivitas karena otak Anda memikirkan banyak hal sehingga membuat Anda tidak fokus.

"Anda harus melakukan pekerjaan Anda selama hari kerja dan dan hanya berhenti untuk perawatan diri. Itu dia. Jangan melakukan pekerjaan rumah tangga," kata Morgenstern.

Selama bekerja, Anda hanya diperbolehkan makan siang, berbincang dengan keluarga atau beristirahat sejenak.

3 dari 4 halaman

Mengelola Email dan Pesan dengan Efektif

dan pesan dengan efektif

Saat bekerja di rumah, komunikasi dengan rekan kerja sangat penting dilakukan agar pekerjaan tetap terkoordinasi dengan baik. Bagi banyak karyawan, ini berarti bahwa ratusan email dan pesan chating sering mengganggu hari kerja.

Anda bisa mengatur waktu untuk mengecek email atau pesan. Misalnya dalam 25 menit bekerja, Anda bisa mengecek email dan membalas pesan selama 5 menit, lalu 20 menit kemudian bekerja. Dengan begitu, Anda tetap bisa fokus bekerja sekaligus berkomunikasi dengan rekan kerja.

4 dari 4 halaman

Buat Jadwal Mengasuh Anak

mengasuh anak

Dengan jutaan orang tua menyeimbangkan tuntutan kehidupan kerja dan mengasuh anak di rumah, Morgenstern dan Vanderkam setuju bahwa menetapkan jadwal untuk anak-anak Anda adalah kunci untuk memiliki hari kerja yang produktif.

Anda bisa meluangkan waktu di pagi hari sebelum bekerja untuk mengurus anak. Seperti memandikan ana dan, menyiapkan sarapan sekaligus makan siang untuk anak. Saat siang, Anda bisa bekerja sambil mengawasi kegiatan anak di rumah.

Jika anak Anda sudah besar, maka akan lebih mudah bagi Anda mengasuh mereka. Namun, jika anak Anda masih bayi, maka Anda membutuhkan bantuan orang lain untuk mengasuh anak.

Jika Anda bekerja dari rumah bersama pasangan, Vanderkam merekomendasikan penerapan jadwal rotasi dapat bermanfaat bagi hari Anda, terutama jika Anda memiliki balita atau bayi baru lahir.

"Buat daftar setiap gangguan potensia. Kalau begitu secara proaktif cari tahu apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi, menghilangkan, atau meminimalkan kemungkinan gangguan itu terjadi." [azz]

Baca juga:
Ada Wabah Corona, Berapa Besar Dana Tak Terduga yang Harus Disiapkan?
Redam Dampak Corona, Ini yang Harus Dilakukan Perusahaan untuk Karyawannya
Bisnis Ini Tetap Bisa Dilakukan Meski Ada Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini