Subsidi Ongkir Harbolnas Ramadan Berkah Tingkatkan Penjualan Produk Lokal

Rabu, 28 April 2021 16:42 Reporter : Sulaeman
Subsidi Ongkir Harbolnas Ramadan Berkah Tingkatkan Penjualan Produk Lokal 5 Produk Paling Laris di E-commerce yang Bisa Dijadikan Ide Bisnis. ©Shutterstock

Merdeka.com - Chairman & President Asosiasi Perencanaan Keuangan International Association of Register Financial Consultant (IARFC) Indonesia, Aidil Akbar mengapresiasi, rencana pemerintah atas pemberian subsidi ongkos kirim sebesar Rp500 miliar untuk mendukung program Hari Belanja Online Nasional di akhir bulan Ramadan (Harbolnas Ramadan).

Menurutnya, dengan intensif tersebut otomatis akan meningkatkan transaksi penjualan Harbolnas Ramadan. Menyusul adanya iming-iming penawaran subsidi ongkir di tengah kondisi ekonomi sulit akibat pandemi Covid-19.

"Oh ya sudah pasti meningkatkan (transaksi), karena mendapatkan subsidi," ujarnya dalam acara Dialog Rabu Produktif bertajuk Langkah Tingkatkan Geliat Transaksi, Rabu (28/4).

Apalagi, program subsidi ongkir pemerintah tersebut hanya berlaku untuk setiap transaksi pembelian produk-produk lokal. Sehingga diyakini mampu meningkatkan pendapatan pelaku usaha domestik yang terlibat dalam program Harbolnas Ramadan.

"Karena yang dibeli produk-produk buatan dalam negeri. Sehingga benar-benar terasa yang menyimpan dana bisa disalurkan dalam bentuk berbelanja barang dalam negeri tadi," terangnya.

Maka dari itu, dia menilai rencana pemerintah atas pemberian subsidi ongkos kirim sebesar Rp500 miliar untuk menyukseskan program Harbolnas Ramadan sudah tepat. Mengingat adanya ketentuan spesifik untuk meningkatkan penjualan produk lokal yang diberlakukan mulai tahun ini.

"Karena, kalau di akhir tahun kemarin kita sempat mengkritisi pemerintah ketika menggalakkan masyarakat belanja secara online, tapi yang dibelanjakan produk impor yang sama aja bohong. Karena efek daya ungkitnya ke dalam perekonomian Indonesia tidak terasa secara langsung, hanya dinikmati oleh segelintir importir," bebernya.

Baca Selanjutnya: Pemerintah Siapkan Rp 500 Miliar...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini