Subsidi energi di 2018 membengkak Rp 69 triliun, Sri Mulyani bakal bahas bersama ESDM

Selasa, 17 Juli 2018 17:12 Reporter : Anggun P. Situmorang
Subsidi energi di 2018 membengkak Rp 69 triliun, Sri Mulyani bakal bahas bersama ESDM Pertamina. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memprediksi kebutuhan subsidi energi selama 2018 mencapai Rp 163,5 triliun. Angka ini meningkat Rp 69 triliun jika dibandingkan target pemerintah pada Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) 2018 sebesar 94,5 triliun.

Sri Mulyani mengatakan, rencana kenaikan subsidi tersebut telah mempertimbangkan kondisi saat ini. Hal ini juga sudah dikoordinasikan dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) serta Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Kita hitung berdasarkan jumlah subsidi yang sudah ada pada semester I dan juga perbedaan harga diesel terhadap yang ditetapkan dengan harga yang berlangsung. Kita bahas bersama Menteri ESDM dan BUMN, beserta Pertamina dan PLN untuk melihat kondisi keuangan mereka," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (17/7).

Sri Mulyani menjelaskan, penambahan subsidi dilakukan agar penugasan kenaikan subsidi BBM yang dilakukan oleh PT Pertamina dapat berjalan tanpa mengganggu neraca keuangan perusahaan.

"Yaitu kebutuhan dari sisi operasi untuk menjalankan policy subsidi itu maupun dari sisi potensi keuntungan baik dari hulu maupun tekanan dari kegiatan hilir yang berkaitan dengan subsidi," jelas Sri Mulyani.

Sri Mulyani menambahkan, kenaikan subsidi untuk menjaga daya beli masyarakat. Dia berharap, hitungan penambahan subsidi ini akan dibahas kemudian oleh Menteri ESDM Ignatius Jonan bersama DPR.

"Kita melakukan hitungan ini dan tentu kita berharap dari Menteri ESDM akan tetap berkomunikasi dengan dewan mengenai kenaikan alokasi subsidi ini. Namun secara overall policy ini untuk menjaga daya beli masyarakat. Dan untuk menjaga agar momentum pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas terutama ada tekanan cukup besar sehingga tetap bisa menjaga confidence," tandasnya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini