Strategi Pemerintah Tarik Wisatawan dari Thailand, Malaysia dan Singapura

Jumat, 10 Mei 2019 14:20 Reporter : Anggun P. Situmorang
Strategi Pemerintah Tarik Wisatawan dari Thailand, Malaysia dan Singapura Menhub Budi di Kemenko Maritim. Yayu ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Pariwisata Arief Yahya melakukan rapat koordinasi dalam rangka peningkatan turis datang ke dalam negeri. Wisatawan asing yang datang ke Indonesia saat ini dinilai masih lebih rendah jika dibandingkan dengan Thailand dan Singapura.

"Intinya ada turis banyak yang memang secara fakta Thailand 40 juta, Singapura enggak tahu berapa. Kita kan mendekati 20 juta berarti ada selisih jumlah yang sudah di sana tapi belum ke Indonesia nah itu yang mau kita tarik," ujar Budi di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Jumat (10/5).

Dia melanjutkan, pemerintah saat ini tengah mencari cara agar gap atau selisih kunjungan wisatawan Indonesia dan negara tetangga tidak berbeda jauh. Paling tidak, wisatawan yang berkunjung ke dua negara ASEAN tersebut juga datang ke Indonesia.

"Itu ngomong hubungan untuk meningkatkan turis supaya ditingkatkan, supaya mau memindahkan. Bagaimana memindahkan penumpang-penumpang yang sekarang ada di Thailand, Malaysia dan Singapura bisa diangkut ke kita," jelas Menhub Budi.

Pemerintah pun sudah menyiapkan langkah strategis yang akan dibahas ke depan. Pertama bekerja sama dengan penerbangan internasional dan kedua mendorong lebih banyak maskapai dalam negeri terbang ke berbagai negara.

"Caranya meneruskan penerbangan yang dari internasional itu. Saya enggak setuju. Yang saya setuju penerbangan dalam negeri yang jemput. Iya-iya (Rute diperbanyak). (Maskapai yang ditunjuk) Belum lagi mau kita bicarakan justru ini nanti kita ajak penerbangan," tandasnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini