Strategi Pemerintah Pusat Selesaikan Konflik Papua

Kamis, 22 Agustus 2019 14:03 Reporter : Anggun P. Situmorang
Strategi Pemerintah Pusat Selesaikan Konflik Papua Demo Papua. ©2013 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo membeberkan cara pemerintah pusat untuk menyelesaikan konflik Papua yang terjadi dalam beberapa hari belakangan. Salah satunya membuat radiogram kepada seluruh gubernur, wakil gubernur, bupati dan walikota sementara tidak kunjungan keluar kota.

"Langkah yang kami lakukan, pertama membuat radiogram ke seluruh gubernur, wagub, bupati, walikota untuk sementara ini tidak keluar kota dan lakukan koordinasi di regu pemda serta tokoh adat masyarakat," ujar Tjahjo di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (22/8).

Upaya kedua, kata Tjahjo adalah membuka ruang komunikasi apabila masih ada pendemo yang menyuarakan aspirasinya. Dia juga mendorong pertemuan antara Gubernur Papua dan Gubernur Jawa Timur dalam rangka menciptakan suasana yang lebih kondusif.

"Kalau ada demo untuk diterima dan diajak dialog agar redam situasi jadi lebih kondusif. Kami juga akan dorong pertemuan Gubernur Papua dan Jawa Timur, di Surabaya. Saya minta undang Menkopolhukam juga dan Pak Kapolri. Setidaknya dengan kehadiran gubernur Papua bisa ketemu sama mahasiswa di Malang dan Surabaya," paparnya.

Sementara itu, pemerintah pusat juga akan terus memantau mahasiswa Papua di seluruh Indonesia agar mendapat penjelasan yang sebenar-benarnya terkait masalah yang terjadi saat ini. Hal tersebut dilakukan agar tidak ada lagi pemicu konflik baru.

"Kami juga memonitor sejumlah daerah yang ada mahasiswa Papuanya, tujuannya untuk lakukan pendekatan dialog dan berikan penjelasan yang benar. Saya yakin Pak Menkopolhukam yang akan jalan ke Papua dan koordinasi ke gubernur disana. Saya optimis semua akan cepat selesai," tandasnya. [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini