Strategi Alfamart Tingkatkan Transaksi di Tengah Gempuran Toko Online

Kamis, 3 Oktober 2019 16:33 Reporter : Merdeka
Strategi Alfamart Tingkatkan Transaksi di Tengah Gempuran Toko Online Alfamart. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Bisnis ritel terus berinovasi untuk meningkatkan jumlah transaksi di tengah gempuran toko online. Dengan adanya digitalisasi membuat semua orang beralih ke toko online karena lebih mudah. Namun, ritel konvensional tak habis akal untuk tetap bertahan.

Marketing Director Alfamart, Ryan Alfons Kaloh mengatakan, saat ini Alfamart telah memiliki aplikasi Alfagift yang memudahkan pembeli untuk berbelanja dan membayar belanjaannya secara online. Meski begitu, ada fitur lain yang mendorong konsumen untuk datang.

"Contohnya voucher atau kupon, kalau pelanggan dapat voucher pasti mereka datang dan menukarkan voucher ke gerai," ujarnya dalam forum MMA Impact Indonesia 2019 di Jakarta, Kamis (3/10).

Selain itu, ada fitur Alfastamps yang punya konsep serupa, yaitu mengumpulkan cap dan menukarkannya dengan produk di gerai Alfamart. Kemudian, ada pula fitur personalized offers dimana pelanggan bisa mendapatkan voucher atau kupon belanja produk favorit, serta fitur pelacak gerai Alfamart terdekat.

"Jadi, bukannya jor-joran kasih voucher lalu sudah, tapi kami menciptakan alur baru dengan menerapkan penggunaan aplikasi digital di dalamnya," tambah Ryan.

Akhir-akhir ini, Alfamart memang sedang fokus dalam pemasaran digital dibanding agreasif menambah jumlah gerai.

Mengutip notulen public expose PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) tanggal 16 Mei 2019, kontribusi digital payment sekitar 1-2 persen dari total transaksi. Angka yang tidak begitu besar, namun transaksi top-up digital payment dilaporkan meningkatkan traffic konsumen yang datang ke gerai.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini