Stok Daging Dipastikan Aman Hingga Akhir Juli Meski PMK Meluas

Kamis, 30 Juni 2022 17:15 Reporter : Merdeka
Stok Daging Dipastikan Aman Hingga Akhir Juli Meski PMK Meluas Daging Sapi. ©2020 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi menjamin stok daging sapi tetap aman hingga akhir Juli 2022, meski wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan meluas ke sejumlah daerah. Menurutnya, daging sapi yang terkena wabah pun masih tetap aman untuk dikonsumsi.

"Daging itu kita sudah hitung sampai akhir Juli kondisinya aman, jadi tidak usah khawatir, stok daging aman," katanya dalam konferensi pers usai pelantikan eselon I dan eselon II Badan Pangan Nasional, di Kementerian Pertanian, Kamis (30/6).

"Maka sebenarnya banyak orang yang hari ini mengurangi konsumsi daging, padahal tidak ada pengaruhnya," tambah dia.

Di samping itu, pihaknya juga memastikan langkah stabilisasi harga dan pasokan daging ke pedagang pasar. Di beberapa daerah, stok daging sapi terganggu akibat wabah PMK.

"Untuk stabilisasi kita punya stok daging kerbau sampai akhir tahun memiliki ketersediaan stok kurang lebih 100 ribu ton. kemudian rekan kita di BUMN, Berdikari punya 20 ribu ton daging sapi beku Brazil, yang lainnya dari Indonesia sendiri," terangnya.

Di tengah wabah PMK yang meluas, Arief memastikan distribusi juga berjalan lancar. dia pun telah menyusun skema distribusi. "Karena hari ini kita tak boleh memindahkan stok dari daerah merah, jadi ita optimalkan dari tempat-tempat yang ada hari ini, termasuk kandang-kandang di lokasi terkait," kata dia.

Untuk diketahui, pemerintah menetapkan daerah-daerah yang terjangkit PMK dengan beberapa kategori warna. Di antaranya warna merah adalah untuk daerah terparah, sementara warna hijau merupakan daerah aman. Wabah PMK telah meluas ke 22 provinsi di Indonesia, bermula dari hanya 2 provinsi, kemudian meluas ke 19 provinsi, dan terakhir sebanyak 22 provinsi.

"Kemarin setelah meeting dengan pak menko perekonomian disebutkan bahwa ada beberapa alternatif penyelesaian salah satunya adalah memberikan vaksin (bagi hewan) yang belum terkena PMK, memang ini ranahnya menteri pertanian ya disediakan 3 juta diawal dosis vaksin. Kemudian alternatifnya adalah membuat zona merah di titik-titik yang memang sudah terkena dan pemetaannya sudah ada," tandasnya.

Rporter: Arief Rahman H.

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Jelang Idul Adha 2022, Kandang Sapi Betawi Muda Siapkan Hewan Kurban Sehat dan Bersih
Resep Olahan Tumis Daging ala Rumahan, Enak, Sedap dan Menggugah Selera
Resep Olahan Daging Sapi Khas Nusantara yang Gurih dan lezat
Ramai Wabah PMK, Begini Cara Memilih Daging Sapi yang Segar dan Sehat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini