Staf Khusus Sri Mulyani Minta Pemda Proaktif Selamatkan UMKM Terdampak Pandemi

Kamis, 6 Agustus 2020 12:54 Reporter : Merdeka
Staf Khusus Sri Mulyani Minta Pemda Proaktif Selamatkan UMKM Terdampak Pandemi Sri Mulyani. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo meminta Pemerintah Daerah agar lebih proaktif merespons pengusaha UKM, terutama yang terimbas covid-19. Menurutnya, Pemda memiliki tanggung jawab mengelola dan memfasilitasi pemulihan UKM yang ada di wilayahnya.

"Bagaimana Pemda bisa lebih proaktif berperan dalam konteks pemulihan ekonomi nasional ini. Alokasi ke Pemda kan juga tidak sedikit," ujar dia dalam Webinar Keterbukaan Informasi publik 2020: UMKM Melejit, Ekonomi Bangkit, Kamis (6/8).

Yustinus mengatakan bahwa pelaku UMKM merupakan domain tanggung jawab pemerintah daerah. "Karena Kementerian Koperasi UKM sudah tidak punya unit vertikal lagi, secara otonomi sekarang sudah di-deliver ke Pemda," jelas dia.

Dengan demikian, Pemda bisa mengambil peran yang cukup besar. Di antaranya melakukan pendataan pelaku UKM di wilayahnya. Lalu dipetakan secara sektoral, mana yang paling terdampak, dan mana yang justru untung. Sehingga, kata Yustinus, target insentif menjadi lebih cepat dan tepat.

"Dengan alokasi yang ada, Pemda juga bisa membantu para UKM untuk mengakses kredit. Baik kepada BPD maupun lembaga pembiayaan. Pemda juga bisa berpartisipasi dalam insentif sektoral Pemda dalam program PEN, itu tersedia skema yang bisa menjadi insentif kepada daerah untuk segera mengungkit perekonomian," tukas Yustinus.

Reporter: Pipit Ika Ramdhani

Sumber: Liputan6.com [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini