Sri Mulyani: Stabilitas Sistem Keuangan Kuartal I-2021 Normal di Tengah Pandemi

Senin, 3 Mei 2021 16:57 Reporter : Merdeka
Sri Mulyani: Stabilitas Sistem Keuangan Kuartal I-2021 Normal di Tengah Pandemi Menkeu Sri Mulyani. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan, stabilitas sistem keuangan Indonesia pada kuartal I-2021 berada dalam kondisi normal. Meskipun saat ini pandemi Covid-19 sampai masih belum selesai.

"Stabilitas sistem keuangan triwulan I tahun 2021 berada dalam kondisi normal di tengah pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung," ungkap Sri Mulyani dalam konferensi pers Hasil Rapat Berkala II Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) Tahun 2021 pada Senin (3/5).

Ketua KSSK itu juga mengatakan bahwa bersama Bank Indonesia, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), KSSK akan terus menjaga stabilitas sistem keuangan. Selain itu juga memperkuat sinergi agar stabilitas sistem keuangan dapat terus dijaga bersama dengan mengawal momentum pemulihan ekonomi nasional.

Diungkapkan Sri Mulyani, arah pemulihan ekonomi domestik terlihat sejalan dengan menurunnya kasus Covid-19 di Indonesia. Hal ini didukung program vaksinasi nasional.

Selain itu, hingga Maret 2021 sejumlah indikator dini dari ekonomi menunjukan arah perbaikan. "Data PMI (Purchasing Managers Index) telah berada pada zona ekspansi, bahkan baru saja keluar PMI kita meningkat lagi ke 54,6 dari 53,2 angka Maret," tuturnya.

Data PMI yang telah berada di zona ekspansi tersebut menunjukkan tren penguatan. Sementara itu, kinerja ekspor juga terus membaik. "Inflasi terkendali di level yang relatif rendah, sementara cadangan devisa mencapai USD 137,1 miliar, ini setara dengan 10,1 bulan impor," ungkap Sri Mulyani.

Reporter: Andina Libranty

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini