Sri Mulyani Senang Jumlah Peserta LPDP Tahun Ini Didominasi Kalangan Perempuan

Senin, 2 November 2020 20:28 Reporter : Sulaeman
Sri Mulyani Senang Jumlah Peserta LPDP Tahun Ini Didominasi Kalangan Perempuan Menkeu Sri Mulyani. ©2019 Merdeka.com/Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengaku gembira seiring meningkatnya jumlah penerima program Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Terlebih tahun ini penerima beasiswa dari uang negara itu didominasi oleh kalangan perempuan.

"Kalau yang sekarang ini ada 1.662 orang di dalam negeri dan luar negeri yang dalam tahap persiapan. Rinciannya, 785 orang laki-laki dan 877 orang perempuan. Saya senang, kelihatan sekali bahwa perempuan itu kalau dikasih kesempatan tingkat paling tinggi porsinya perempuan," ujar dia dalam webinar oleh LPDP bertajuk "STUDIUM GENERALE 2020: Rekacipta Generasi Muda Menuju Indonesia Emas", Senin (2/11).

Bendahara negara merinci, bahwa untuk penerima beasiswa program S3 atau doktor sebanyak 323 orang, program dokter spesialis sebanyak 54 orang. Lalu program S2 atau magister sebanyak 1.263 orang.

"Untuk wilayahnya Sumatera ada 249 orang, Jawa ada 1.041 orang, Kalimantan ada 55 orang. Lalu, Nusa Tenggara dan Bali ada 132 orang, Sulawesi ada 123 orang, Papua 30 orang dan Maluku 28 orang dan sisanya tersebar dari asal daerah lainnya," jelas dia.

Adapun total penerima program beasiswa buruan para sarjana ini telah dimanfaatkan oleh 25.326 orang hingga akhir tahun 2020. Terdiri atas 11.767 alumni dan 7.275 orang yang masih kuliah.

Oleh karena itu, dia meminta lulusan LPDP untuk meningkatkan kompetensinya dengan baik. Sehingga dapat menciptakan perubahan bagi kondisi ekonomi sosial masyarakat Indonesia yang lebih cerah ke depannya.

"Jadi mau kemana saja bahwa SDM itu penting. SDM itu esensial dan komitmen politik kita sangat tinggi. Semenjak era reformasi kita selalu mengatakan bahwa Indonesia ingin mengejar ketertinggalan terutama di bidang pendidikan," terangnya. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini