Sri Mulyani: Reformasi Perpajakan Jadi Hidangan Utama Presidensi G20 Tahun 2022

Selasa, 14 September 2021 20:57 Reporter : Sulaeman
Sri Mulyani: Reformasi Perpajakan Jadi Hidangan Utama Presidensi G20 Tahun 2022 Menkeu Sri Mulyani. ©Biro KLI Kemenkeu

Merdeka.com - Indonesia selaku tuan rumah sekaligus Presidensi G20 pada 2022 mendatang telah merencanakan tujuh agenda pertemuan terkait perekonomian. Salah satunya pembahasan kesepakatan perpajakan internasional yang lebih stabil dan adil.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyampaikan terkait agenda perpajakan internasional, yaitu Indonesia akan menitikberatkan pada pembahasan mengenai reformasi sistem perpajakan.

"Reformasi di bidang perpajakan akan akan menjadi hidangan utama," ujarnya dalam Konferensi Pers Menuju Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022, Selasa (14/9).

Menurutnya, ini sejalan dengan agenda reformasi perpajakan yang tengah digulirkan Pemerintah Indonesia. Tujuannya untuk dapat meningkatkan penerimaan pajak dengan sistem perpajakan yang adil, sehat, efektif, dan akuntabel.

"Karena memang ini merupakan salah satu prioritas yang penting bagi Indonesia yang sekarang sedang melakukan reformasi perpajakan," tekannya.

Alasan lainnya, penekanan terkait sistem perpajakan tak lain demi memfasilitasi kepentingan negara berkembang. Tujuannya agar negara-negara tersebut tidak mengalami kerugian atas perpajakan di tengah pesatnya perkembangan ekonomi digital.

"Jadi, kita tidak dirugikan tapi mendapatkan manfaat maksimal baik di bidang ekonomi maupun perpajakan," tandasnya. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini