Sri Mulyani: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III-2020 Menunjukkan Pemulihan

Selasa, 10 November 2020 13:48 Reporter : Anisyah Al Faqir
Sri Mulyani: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III-2020 Menunjukkan Pemulihan Menkeu Sri Mulyani. ©Biro KLI Kemenkeu

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani menyebut bahwa pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2020 menjadi titik pembalikan yang sempat merosot akibat pandemi Covid-19. Saat ini permintaan produk, tingkat konsumsi masyarakat, ekspor produk hingga investasi menunjukkan perbaikan.

"Kuartal III-2020 ini menunjukkan agregat demand pemulihan, konsumsi, investasi ke arah pembalikan, ekspor juga," kata Sri Mulyani saat menyampaikan Keynote Speaker dalam Webinar CNBC TV dan OJK, Jakarta, Selasa (11/10).

Hanya saja diakui Sri Mulyani impor masih belum menunjukkan perbaikan. Sektor ini masih perlu didorong karena kondisi perekonomian dunia masih dalam tahap pemulihan.

Meski begitu, pembalikan arah pertumbuhan ekonomi semakin nyata seiring dengan ditemukannya vaksin covid-19. Sektor produksi juga mulai mengalami pembalikan arah. Dari 17 sektor, 12 sektor produksi telah mengalami perbaikan. Bahkan tiga di antaranya tetap tumbuh positif di masa pandemi ini.

"Tiga sektor masih positif bahkan dalam situasi covid-19 yakni pertanian, informasi dan komunikasi dan jasa keuangan," kata dia

Sementara itu, sektor lain terdampak yang sangat dalam sudah mulai menunjukkan pemulihan. Semisal industri pengolahan, perdagangan, transportasi, konstruksi dan akomodasi yang masih negatif tetapi mengalami pembalikan arah yang cukup solid.

Dari kondisi ini, Sri Mulyani menilai pertumbuhan ekonomi tahun 2020 tetap dalam proyeksi yang sama. Tumbuh minus 0,6 persen hingga minus 1,7. Berbagai instansi lain memproyeksikan pertumbuhan ekonomi nasional tumbuh minus 1 persen sampai minus 1,5 persen.

Baca Selanjutnya: Sri Mulyani Prediksi Pertumbuhan Ekonomi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini