Sri Mulyani: Perlu Kehati-hatian dalam Menjaga Tren Positif Ekonomi

Kamis, 19 November 2020 17:29 Reporter : Sulaeman
Sri Mulyani: Perlu Kehati-hatian dalam Menjaga Tren Positif Ekonomi Menkeu Sri Mulyani. ©2019 Merdeka.com/Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menilai proses pemulihan dan pembalikan ekonomi di kuartal III-2020 masih dalam tahap awal. Sehingga perlu kehati-hatian untuk menjaga tren positif ini.

"Kita melihat di kuartal III pemulihan ekonomi sudah mulai. Sektor-sektor dari sisi produksi juga sudah mulai pembalikan dan juga dari sisi agregat demand mulai terjadi pemulihan. Kita harus sangat ekstrem hati-hati, karena pemulihan atau pembalikan tren dari kondisi kontraksi menuju positif masih sangat di tahap awal," ujar dia dalam webinar bertajuk "Serap Aspirasi Implementasi Undang-Undang Cipta Kerja Sektor Perpajakan", Kamis (19/11).

Bendahara negara ini merinci, setidaknya ada lima sektor yang mulai menunjukkan tanda pembalikan meski masih tumbuh di zona negatif pada kuartal III tahun ini. Yakni, industri pengolahan, perdagangan, transportasi, pergudangan, konstruksi, dan akomodasi.

Lalu, terdapat tiga sektor yang tetap tumbuh positif meski dalam situasi sulit di tengah pandemi ini. Di antaranya pertanian, informasi dan komunikasi, serta jasa kelautan.

Sedangkan untuk dua sektor yang masih mengalami tekanan yaitu pertambangan dan jasa keuangan. Adapun tekanan untuk sektor jasa keuangan dinilai akibat penurunan kinerja perbankan dalam penyaluran kredit.

"Tapi, kita bergembira terjadinya pembalikan. Namun ini tidak akan dijamin akan terus berjalan kalau tidak semuanya ikut menjaga dan mendorong untuk pemulihan ekonomi," ucapnya.

Untuk itu, pemerintah saat ini fokus memperkokoh struktur pondasi ekonomi. Di antaranya dengan meneruskan dan akselerasi penguatan reformasi struktural terutama terkait kualitas SDM, debirokratisasi, deregulasi dan transformasi ekonomi.

"Ini jadi agenda luar biasa penting. Agar produktif dan kompetitif dalam rangka menjaga momentum pembalikan," terangnya. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini