Sri Mulyani Pangkas Anggaran Perlindungan Sosial Jadi Rp349 Triliun untuk 2023

Kamis, 14 April 2022 17:05 Reporter : Merdeka
Sri Mulyani Pangkas Anggaran Perlindungan Sosial Jadi Rp349 Triliun untuk 2023 Menkeu Sri Mulyani. ©Setpres RI

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa pemerintah tetap mengutamakan perlindungan sosial bagi masyarakat rentan. Namun, alokasi anggarannya pada 2023 mendatang akan menurun dibanding tahun ini.

Bendahara Negara menyebut, sumbangsih APBN untuk dana perlindungan sosial tahun depan maksimal sebesar Rp349 triliun. Angka itu turun dari alokasi anggaran tahun ini yang sebesar Rp427,5 triliun.

"Prioritas belanja tahun depan adalah untuk pertama di bidang perlindungan sosial, akan tetap dijaga range-nya antara Rp332 - Rp349 triliun," jelas Sri Mulyani dalam sesi teleconference, Kamis (14/4).

"Ini terutama untuk tetap menjaga perlindungan kepada masyarakat yang rentan, mendukung perlindungan sosial sepanjang hayat, dan juga mendorong perlindungan sosial yang makin adaptif," tegasnya.

Untuk melancarkan implementasi penyaluran, Sri Mulyani juga berkomitmen semakin memutakhirkan data calon penerima. Sehingga bantuan perlindungan sosial ini bisa lebih tepat sasaran.

2 dari 2 halaman

Program Pemberdayaan

"Kementerian Sosial akan meluncurkan program pemberdayaan yang diintegrasikan dengan program perlindungan sosial," imbuhnya.

Secara proyeksi makro, Sri Mulyani memperkirakan, pendapatan negara di tahun depan bisa mencapai angka 11,28 hingga 11,76 persen dari pendapatan domestik bruto atau PDB.

"Ini berarti pada kisaran antara Rp2.255,5 triliun hingga Rp2.382,6 triliun. Sedangkan belanja negara tahun depan di desain pada kisaran 14,09 hingga 14,71 persen dari PDB," ujar Sri Mulyani.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Baca juga:
Anggaran Bantuan Sosial di 2022 Tembus Rp455 Triliun, Ini Rincian Penggunaannya
Daftar Bansos yang Disetop dan Diberikan di 2022
Sederet Keringanan Diterima Masyarakat Selama Pandemi, Kini Disetop Pemerintah
Ketua DPR Tegur Pemerintah: Segala Keringanan Selama Pandemi Disetop Satu per Satu
Tersangka Pemotongan Dana BLT Covid di Banyuwangi Akhirnya Ditahan
KPK Klaim Selamatkan Potensi Kerugian Negara Rp10 Triliun Per Bulan dari Bansos

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini