Sri Mulyani: Pandemi Covid-19 Bukan Pertama dan Terakhir

Minggu, 24 Oktober 2021 13:46 Reporter : Dwi Aditya Putra
Sri Mulyani: Pandemi Covid-19 Bukan Pertama dan Terakhir Menkeu Sri Mulyani. ©Setpres RI

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyebut, krisis ekonomi terjadi akibat pandemi Covid-19 bukan merupakan akhir dari pada krisis dihadapi banyak negara. Sebab, krisis ekonomi ini bukan pertama dan kemungkinan bakal ada lagi dengan kondisi yang berbeda.

"Saya sampaikan pandemi Covid-19 ini bukan yang pertama, dan bukan yang terakhir," kata dia dalam acara Peluncuran Buku 25 Tahun Kontan : Melintasi 3 Krisis Multidimensi, Minggu (24/10).

Oleh karena itu, dalam pertemuan G20 minggu depan dilangsungkan di Roma, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan kepala negara lainnya akan sama-sama belajar mengantisipasi penanganan krisis seperti terjadi di 2008-2009. Ini agar kemudian hari ketika terjadi krisis negara-negara bisa lebih banyak belajar.

"Mereka akan melihat mekanisme dunia menghadapi krisis yang bisa menjalar secara mudah, dan bisa menimbulkan sistemik impact, karena tidak hanya kesehatan saja, atau neraca pembayaran atau bank saja, tapi bisa ada domino effect-nya," katanya.

Bendahara Negara itu memahami, kadang mekanisme antar negara masih lemah. Bahkan di dalam negara pun demikian juga bisa lemah. Sebab itu, dalam pertemuan G20 di Roma lebih banyak membahas mengenai kerja sama penanganan krisis yang sifatnya antar negara.

"Tapi dampaknya tidak diskriminatif. Semua negara mau miskin, kaya, barat, timur, komunis, kapitalis, semua bisa kena. Dan persoalannya adalah antarnegara ada mekanisme untuk saling mengurangi kemungkinan transmisi krisis ini? Makanya kebijakan multilateral sangat penting," tandas dia. [azz]

Baca juga:
Jokowi Sebut Penanganan Pandemi Makin Baik, Tapi Kemiskinan Harus Diselesaikan
Pola Diet 3 Seleb Ini Jadi Inspirasi Gaya Hidup Sehat di Masa Pandemi
Sempat Terpuruk & Jual Ayam, Kedai ini Bangkit Saat Pandemi serta Rilis 3 Merek Kopi
Pandemi Melandai, Demokrat Ingatkan Pemerintah Kemiskinan Meningkat Drastis
Waspadai Pandemi Gelombang Ketiga, Kasus Mulai Bermunculan Lagi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini