Sri Mulyani Optimis Pertumbuhan Ekonomi Capai 5,3 Persen di 2019, Ini Pemicunya

Rabu, 8 Mei 2019 15:46 Reporter : Anggun P. Situmorang
Sri Mulyani Optimis Pertumbuhan Ekonomi Capai 5,3 Persen di 2019, Ini Pemicunya Menkeu Sri Mulyani. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2019 akan mencapai target Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) sebesar 5,3 persen. Meskipun pada kuartal I-2019, pertumbuhan ekonomi tercatat hanya 5,07 persen.

"InsyaAllah kita usahakan, terutama apabila confidence dari investasi dan konsumsi bisa kita jaga, saya rasa itu cukup jaga di semester kedua," ujar Sri Mulyani di Gedung Dhanapala, Jakarta, Rabu (8/5).

Sri Mulyani mengatakan, pemerintah akan mencari kebijakan yang strategis agar pertumbuhan investasi meningkat dan konsumsi masyarakat tetap terjaga. Ke depan, pemerintah akan menggenjot belanja termasuk belanja sosial bagi masyarakat kurang mampu.

"Kalau dilihat dari komponen pertumbuhan ekonomi, kuartal-I kita lihat dari sisi konsumsi, investasi mestinya bisa lebih tinggi lagi. Mungkin dalam hal ini yang dilakukan pemerintah untuk genjot terutama dari sisi belanja sosial yang sudah meningkat cukup bagus itu menolong untuk terutama rumah tangga kelompok bawah," jelasnya.

Sri Mulyani juga berharap musim Ramadan dan Lebaran mampu mendongkrak konsumsi. "Tapi untuk kelompok menengah kita berharap masih bisa meningkat pada kuartal kedua dengan adanya Ramadan dan hari raya," jelasnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menambahkan, kondisi ekonomi global tak kalah penting dalam menjaga pertumbuhan ekonomi ke depan. Dia pun berharap perang dagang antara China dan Amerika Serikat tidak menegang kembali seperti yang terjadi di 2018.

"Untuk semester kedua, kita berharap kondisi ekonomi global tetap kondusif meski terjadi pelemahan, namun pada saat bersamaan, reaksi terhadap statement Trump mengenai trade war akan sangat mempengaruhi sentimen," tandasnya. [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini