Sri Mulyani minta UMKM manfaatkan teknologi agar tidak tertinggal

Kamis, 26 Oktober 2017 14:41 Reporter : Siti Nur Azzura
Sri Mulyani. ©2017 merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan di dalam perekonomian Indonesia, ekonomi digital harus mampu menciptakan demokratisasi. Sehingga, dia meminta agar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) harus bisa memanfaatkan teknologi untuk bisa berkembang.

"UMKM tidak perlu menjadi pengusaha yang hebat besar dengan marketing cost yang terlalu besar. Dia masuk dalam platform dan dia bisa memiliki kesempatan yang sama," kata Sri Mulyani di kantornya, Jakarta, Kamis (26/10).

Menurutnya, dengan menggunakan teknologi, pelaku usaha akan lebih mudah untuk bertransaksi dengan pembeli. Sehingga, hal itu bisa menggenjot pendapatan dan meningkatkan produksi.

Untuk itu, pemerintah Indonesia melakukan banyak kebijakan untuk memberdayakan UMKM, salah satunya melalui kredit usaha rakyat (KUR). Dengan disediakannya KUR dan pemanfaatan teknologi, Sri Mulyani meyakini UMKM akan berkembang dan mampu bertahan di tengah tingginya persaingan usaha.

"Fungsi pemerintah adalah mengempower mereka sehingga mereka mampu memiliki kapasitas untuk bisa ikut di dalam era digitalisasi sehingga mereka tidak tertinggal. Mereka tidak excluded," imbuhnya.

Menurutnya, ekonomi yang sehat dan baik adalah ekonomi yang tumbuh tinggi, inklusif, dan mampu menyertakan seluruh masyarakat. Sehingga, kesejahteraan bisa dinikmati semua orang, sesuai dengan tujuan Republik Indonesia yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

[sau]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.