Sri Mulyani Minta LPEI Gencarkan Pembiayaan Ekspor Demi Pemulihan Ekonomi

Rabu, 1 September 2021 16:15 Reporter : Anisyah Al Faqir
Sri Mulyani Minta LPEI Gencarkan Pembiayaan Ekspor Demi Pemulihan Ekonomi Menkeu Sri Mulyani. ©Setpres RI

Merdeka.com - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati meminta Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) ikut membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi di tengah pandemi. Caranya dengan membantu dunia usaha dalam pembiayaan untuk memanfaatkan momentum pemulihan ekonomi global.

"Saya berharap bahwa LPEI di dalam mendorong pemulihan ekonomi terutama di dalam meningkatkan ekspor, bisa mengambil peran yang tepat dan efektif," kata Sri Mulyani pada acara Tasyakuran Ulang Tahun LPEI ke-12, Rabu (1/09).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), secara kumulatif nilai ekspor Indonesia Januari-Juni 2021 tumbuh 34,78 persen dibanding periode yang sama tahun 2020. Maka Sri Mulyani meminta agar LPEI turun tangan membantu dunia usaha dengan melakukan penjaminan dan asuransi dalam kegiatan ekspor.

"Dalam menghadapi ketidakpastian dunia usaha, eksportir membutuhkan kepastian dan oleh karena itu penjaminan dan asuransi menjadi instrumen yang luar biasa penting. Saya berharap LPEI mampu mematangkan kompetensinya di bidang ini," kata dia.

Total aset pembiayaan LPEI mencapai Rp90,2 triliun. Jumlah ini termasuk pembiayaan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah sebesar Rp14,5 triliun. Penjaminan yang diberikan LPEI mencapai Rp9,99 triliun. Asuransi mencapai Rp9,6 triliun tumbuh 19 persen dibandingkan posisi tahun lalu.

Selain itu, bendahara negara ini meminta seluruh SMV Kemenkeu termasuk LPEI untuk mengukur development impact atas kebijakan yang dilaksanakan. Pembiayaan LPEI untuk mendorong ekspor menunjukkan development impact 3,51 kali.

"Ini merupakan bagian akuntabilitas kepada publik bahwa dana yang dipakai oleh LPEI berasal dari keuangan negara memang memberikan hasil dan manfaat nyata bagi masyarakat dalam pembangunan dan bisa diukur dan bisa dijelaskan," kata Sri Mulyani.

Dia berpesan, LPEI harus terus mendukung dan mengupayakan agar para eksportir dapat menembus pasar global. Inovasi berbagai instrumen seperti dukungan fasilitas pembiayaan, penjaminan, asuransi bagi eksportir perlu untuk dipertajam dan dikembangkan dengan memperhatikan kebutuhan eksportir. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini