Sri Mulyani: Kementerian pangkas anggaran secara cerdas di 2016

Rabu, 15 Maret 2017 09:03 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Sri Mulyani: Kementerian pangkas anggaran secara cerdas di 2016 sri mulyani. ©2015 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani memuji Kementerian/Lembaga (K/L) yang dinilai telah berhasil melakukan pengetatan anggaran pada tahun lalu. Kementerian/Lembaga mampu memilih secara tepat anggaran yang harus dipangkas tanpa mempengaruhi penetrasi pertumbuhan ekonomi.

"K/L memotong anggaran secara cerdas membuat kita mampu menjaga pertumbuhan kita," ujarnya di acara Stakeholders Gathering 2017 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (14/3) malam.

Pemangkasan anggaran yang efektif, lanjutnya, membuat Indonesia mampu menjaga pertumbuhan tahun lalu yang cukup stabil tinggi yakni 5,02 persen. Selain itu, defisit anggaran juga mampu dijaga di kisaran 2,5 persen.

"Defisit Indonesia menjadi yang terendah di bawah 3 persen dalam 10 tahun terakhir. Pertumbuhan juga menjadi yang tertinggi dalam 10 tahun terakhir," tuturnya.

Ke depan, tambahnya, permasalahan yang perlu dibenahi ialah sektor penerimaan pajak. Maka dari itu, pemerintah berharap program pengampunan pajak atau Tax Amnesty menjadi salah satu solusi.

"Pendapatan pajak yang masih rendah dibanding negara lain." [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini