Sri Mulyani: Investasi dan Ekspor Harus Tinggi Kejar Pertumbuhan Nol Persen

Senin, 7 September 2020 17:28 Reporter : Anggun P. Situmorang
Sri Mulyani: Investasi dan Ekspor Harus Tinggi Kejar Pertumbuhan Nol Persen Menkeu Sri Mulyani. ©Biro KLI Kemenkeu

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa pertumbuhan ekonomi menjadi perhatian pemerintah di samping penanganan dan penanggulangan penyebaran Virus Corona. Untuk bisa mencapai pertumbuhan ekonomi mendekati 0 persen pada kuartal III-2020, maka konsumsi, investasi dan ekspor harus tinggi.

"Tantangan kalau ingin mendekati 0 maka konsumsi, investasi dan ekspor harus meningkat sangat tinggi," ujar Sri Mulyani usai menghadiri rapat kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR, Jakarta, Senin (7/9).

Sri Mulyani mengatakan, dengan adanya sejumlah pembatasan aktivitas dan kegiatan serta kekhawatiran pertambahan jumlah pasien positif, pemerintah berhati-hati melakukan sejumlah kebijakan. Namun demikian, Kemenkeu memprediksi pertumbuhan ekonomi kuartal II bisa mencapai 0 hingga -2 persen.

"Dengan adanya pembatasan dan sekarang kekhawatiran terjadinya kenaikan jumlah positif tiap hari harus hati-hati. Dalam estimasi kami di kuartal II bisa mencapai antara 0 hingga -2 persen. Ini artinya kita masih membutuhkan, kalau kita lihat belanja pemerintah diakselerasi," paparnya.

Baca Selanjutnya: Konsumsi Masyarakat Tak Bisa Diandalkan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini