Sri Mulyani Ingin Anak Buahnya Bagikan Ilmu Pengelolaan Keuangan Negara Lewat Buku

Senin, 26 Oktober 2020 11:23 Reporter : Dwi Aditya Putra
Sri Mulyani Ingin Anak Buahnya Bagikan Ilmu Pengelolaan Keuangan Negara Lewat Buku Sri Mulyani. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengharapkan pejabat di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dapat berbagi pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan negara yang dituangkan di dalam sebuah buku. Sebab, dia memandang masih banyak elemen masyarakat yang belum paham kondisi pengelolaan keuangan negara.

"Saya sekarang betul-betul menginginkan banyak para pejabat Kementerian Keuangan yang sudah melaksanakan dan melalui proses ini menuangkan dalam berbagai macam buku dan sharing pengalaman dan knowledge ini," kata dia dalam video conference di Jakarta, Senin (26/10).

Dia tak ingin, ilmu dan pengetahuan hanya sebatas menempel pada pejabat itu sendiri. Karena, jika tidak diaplikasikan atau dibagikan kepada masyarakat, sewaktu-waktu pejabat itu mengakhiri masa tugasnya, ilmu yang sebagian banyak bersifat pasif knowledge itu juga akan ikut pensiun.

"Padahal seharusnya ilmu itu tidak boleh tired atau tidak boleh pensiun. Ilmu harus terus berkembang," katanya.

Atas dasar itu, Kementerian Keuangan sekarang menjalankan apa yang disebut corporate university. Di mana setiap pejabat dia adalah pemegang dan sekaligus produser ilmu. Sehingga ilmu mengenai keuangan negara dan pemegang dan produsen ilmu ini tidak boleh kemudian ilmunya tidak dicapture, tidak ditangkap, tidak kemudian dibagikan.

"Inilah yang sekarang kami giatkan di dalam berbagai macam cara Kementerian Keuangan untuk terus mengcapture berbagai ilmu yang muncul di dalam kita melaksanakan suatu reformasi di bidang keuangan negara," jelas dia.

Dia menyadari, banyak sekali para pejabat kita yang luar biasa, mereka biasa diam, tidak bicara, namun ilmunya banyak. Sehingga pribahasa makin dalam ilmunya semakin tenang tidak bisa terbantahkan. "Tapi kalau terlalu tenang hanyut nanti negara Indonesia nggak mendapatkan ilmu itu," katanya.

Baca Selanjutnya: Bagikan ke Generasi Muda...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Sri Mulyani Indrawati
  3. Kemenkeu
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini