Sri Mulyani: Dunia Alokasikan USD11 Triliun Tangani Covid-19

Selasa, 27 Juli 2021 11:51 Reporter : Merdeka
Sri Mulyani: Dunia Alokasikan USD11 Triliun Tangani Covid-19 Menkeu Sri Mulyani. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengungkapkan bahwa seluruh dunia sudah mengalokasikan lebih dari USD 11 triliun (berkisar Rp 159.273 triliun) untuk penanganan pandemi Covid-19. Semua negara saat ini tengah berjuang untuk mengatasi pandemi ini.

"Covid-19 merupakan suatu tantangan global, karena tidak ada satu negara yang bisa dikecualikan dari ancaman kesehatan ini. Di dalam pertemuan G20, kita selalu mengidentifikasi bahwa untuk menghadapi pandemi ini, dunia bahkan sudah mengalokasikan lebih dari USD 11 triliun," kata Sri Mulyani dalam ESG Capital Market Summit 2021 pada Selasa (27/7).

Dia mengungkapkan seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia tengah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi pandemi, termasuk dampaknya terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan kesehatan. Seluruh negara menggunakan sumber daya untuk melindungi rakyatnya dari Covid-19.

Di bidang kesehatan, telah dilakukan berbagai cara untuk bisa memutus rantai penularan. Hal ini berimplikasi sangat besar di bidang ekonomi, sosial bahkan politik karena masyarakat tidak boleh melakukan kegiatan seperti biasa dan semua aktivitas dibatasi.

Pemerintah pun menggunakan berbagai instrumennya, termasuk dari sisi kebijakan fiskal dan kebijakan regulasi yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melindungi masyarakat dan dunia usaha agar bertahan. Bahkan semua instrumen tersebut digunakan agar masyarakat dan dunia usaha bisa pulih kembali.

"USD 11 triliun sudah dibelanjakan seluruh dunia dalam bentuk defisit fiskal yg melebar, monetary easing yang semuanya bertujuan untuk bisa menghadapi pandemi Covid-19," jelas Sri Mulyani.

Reporter: Andina Librianty

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini