Sri Mulyani: Banyak yang 'ngedumel', saya potong anggaran di 2016

Selasa, 11 April 2017 13:09 Reporter : Idris Rusadi Putra
Sri Mulyani: Banyak yang 'ngedumel', saya potong anggaran di 2016 sri mulyani. ©2015 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Sri Mulyani Indrawati bercerita mengenai pengalamannya saat awal diangkat Presiden Joko Widodo menjadi menteri keuangan. Saat itu, Sri Mulyani dipanggil dari Bank Dunia.

Pertama menjabat, Ani sapaan akrab Sri Mulyani langsung mengeluarkan kebijakan kurang populer yaitu memangkas belanja kementerian dan lembaga serta menunda penyaluran dana daerah. Ani mengakui, kebijakannya tidak disukai oleh kementerian.

"Ada yang ngedumel, mungkin bilangnya ini Ibu Sri Mulyani baru pulang dari Washington langsung potong anggaran. Tapi tidak apa-apa, saya dapat pahala banyak," kata Ani dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Tingkat Pusat (Rakorbangpus) bersama seluruh Kementerian/Lembaga (K/L) di Bappenas, Jakarta, Selasa (11/4).

Ani mengatakan, banyak pihak yang ngedumel karena merasakan langsung dampak pemotongan anggaran, ditambah lagi mereka belim bertemu dan mendengarkan penjelasan langsung dari dia.

"Kita pangkas anggaran saja masih tumbuh 5 persen karena ada momentum sedang berjalan di 2016."

Kemudian, Ani menjelaskan maksud kebijakannya tersebut yaitu untuk menyelamatkan APBN. Penerimaan pajak di 2016 tidak tercapai atau kurang hingga Rp 200 triliun dari target.

"Suka tidak suka ini harus dihadapi karena pajak tidak tercapai. Kita harus jaga APBN tetap sehat." [sau]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini