Sri Mulyani: Anda Tak Akan Sukses Jika Hanya Berkutat Membaca Buku dan Kuliah

Kamis, 19 September 2019 12:27 Reporter : Merdeka
Sri Mulyani: Anda Tak Akan Sukses Jika Hanya Berkutat Membaca Buku dan Kuliah Sri Mulyani ajak wisudawan STAN membangun RI. ©2019 Merdeka.com/Evie

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengingatkan wisudawan dan wisudawati Politeknik keuangan Negara (PKN) STAN untuk terus memperbaiki kualitas kebijakan, institusi, infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM). Sebab, dalam 25 tahun ke depan akan ada momentum 100 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

"Pada saat itu apabila momentum kemerdekaan dapat kita jaga, Indonesia akan mencapai pendapatan menengah tinggi atau bahkan tinggi, dengan jumlah penduduk di atas 300 juta jiwa dengan mayoritas tinggal di perkotaan dan jumlah masyarakat atau penduduk produktif sudah akan seimbang dengan mereka yang masuk era aging," ujar Sri Mulyani dalam acara wisuda PKN STAN di ICE BSD, Tangerang Selatan, Kamis (19/9).

Sri Mulyani mengatakan bahwa dalam mencapai cita-cita kemerdekaan RI yang ke-100 tahun, para wisudawan harus menjaga kebijakan yang mampu meningkatkan kualitas institusi terutama birokrasi dan terus menembus infrastruktur. Harapannya, masyarakat seluruh Indonesia dapat merasakan sebagai satu negara kesatuan.

"Oleh karena itu kita semuanya harus mampu menjaga momentum kemajuan yang telah diraih, harus memperbaiki dan menjaga kualitas dari kebijakan, kualitas institusi, dan kualitas infrastruktur dan SDM. Di sinilah peranan Anda yang akan segera masuk dan bergabung menjadi pengelola keuangan negara," jelasnya.

Selain itu, Sri Mulyani juga mengatakan bahwa wisudawan telah dipersiapkan sebagai pemimpin negara, sehingga awal modal mereka tidak hanya materi pelajaran dalam perkuliahan, namun juga sangat dibutuhkan adanya peningkatan kualitas pemikiran, intelektualitas, serta pendidikan karakter.

"Anda semuanyalah yang akan menjadi orang-orang penting menjaga RI. Dengan ilmu, moralitas Anda dan karakter Anda. Begitulah yang akan menentukan ke mana RI berjalan hari ini hingga ke depannya," imbuhnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Sri Mulyani juga mengatakan bahwa kesuksesan seseorang tidak hanya ditentukan oleh ilmunya. Dia menyebutkan sebagaimana dalam kutipan Presiden RI ke-1, Soekarno, bahwa barang siapa yang ingin dimuliakan, harus berani terjun di lautan yang dalam.

"Artinya Anda tidak akan menjadi seseorang yang sukses hanya dengan berkutat membaca buku dan menerima kuliah. Anda harus menyiapkan untuk terjun ke dalam. Dan dalam setiap tahap karir Anda, Anda akan terus belajar dan belajar. Itu adalah cara dan mental kita untuk terus memperbaiki Republik Indonesia," tutupnya.

Reporter Magang: Evie Haena Rofiah [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini