SPBU Milik Pertamina dan Swasta Kompak Beri Pengumuman 'Toilet Gratis'

Rabu, 24 November 2021 17:18 Reporter : Dwi Aditya Putra
SPBU Milik Pertamina dan Swasta Kompak Beri Pengumuman 'Toilet Gratis' Toilet Gratis di SPBU Pertamina dan Swasta. ©2021 Merdeka.com/Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Kertas putih bertuliskan 'TOILET GRATIS' belum lama ditempel. Di pojok kanan atas, terdapat logo PT Pertamina Persero. Ini menjadi pemandangan baru. Setelah sebelumnya tidak ada keterangan gratis. Petugas tak lagi berjaga di depan pintu. Kursi hingga kotak amal hilang dari pandangan.

Merdeka.com, mencoba menelusuri toilet SPBU Pertamina. Berkode depan 31 yang berarti milik Pertamina sendiri. Lokasinya berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Bekasi.

Secara letak, toilet berada di dalam Bright Food and Drink. Menjadi satu dan posisinya berada di pojok belakang dekat mesin ATM. Toilet terbagi menjadi dua, khusus wanita dan pria. Kondisinya bersih tanpa ada penjaga di depannya.

"Baru kemarin dipasang tulisan gratis. Semenjak video (Erick Thohir) viral. Sebelumnya masih ada yang berjaga," ujar Leader Bright, Tara Dimaxus, saat berbincang kepada merdeka.com, Rabu (24/11).

Tulisan dipasang atas permintaan Kepala SPBU Pertamina. Ini merespon video percakapan Menteri BUMN, Erick Thohir dan penjaga toilet yang tengah viral. Akibat dari ditemukannya fasilitas umum berbayar. Salah satunya di SPBU Pertamina milik swasta, di Kecamatan Malasan, Probolinggo, Jawa Timur.

Berjalan sekitar 5 kilometer, merdeka.com kembali mengecek fasilitas umum berada di SPBU Coco Kampung Buluh 31-17506S. PBU milik Perseroan di sini terbilang baru. Didirikan sekitar 6-7 tahun lalu.

Tidak berbeda dengan toilet sebelumnya. Posisi toilet berada di dalam Bright. Melewati kasir menuju ke arah belakang. Terdapat dua kamar mandi kecil. Kurang lebih berukuran 1,5 meter x 1 meter. Juga ada satu wastafel dan kaca berukuran sedang.

Secarik kertas berkelir hitam dan merah tertempel jelas. Berada di antara dinding kamar mandi. Petugas penjaga juga tidak terlihat. "Sekarang gratis," kata Admin SPBU, Ari Kurnia saat ditemui di lokasi.

2 dari 2 halaman

SPBU Swasta

rev1

Penelusuran tidak berhenti di SPBU milik Perseroan. Di SPBU milik swasta pun sudah memasang tulisan 'TOILET GRATIS’. Bahkan, sudah tidak terlihat lagi ada petugas penjaga di depannya. Hanya saja, masih ada kotak amal dan kursi di depannya. Siapa saja bisa memberi. Jika tidak, bukan masalah.

"Itu udah tidak dijaga lagi kan gratis. Kalau mau kasih ya di situ. Tapi sukarela aja," kata operator SPBU yang tidak ingin disebutkan namanya.

Corporate Secretary Subholding Commercial And Trading PT Pertamina (Persero), Irto Ginting memastikan, pihaknya akan terus meningkatkan layanan dengan memfasilitasi toilet secara gratis. Perseroan juga menjamin dari sisi kebersihan dan kenyamanan seluruh SPBU Pertamina. Baik milik perseroan maupun swasta.

"Jadi kami dari Pertamina sudah menerima masukan dari pak menteri kami sudah meminta kepada seluruh pemilik SPBU untuk meningkatkan layanannya. Memfasilitasi toilet secara gratis," ujarnya saat dihubungi.

Baca juga:
Himpunan Wiraswasta Migas Pastikan Toilet SPBU akan Digratiskan
Aroma Bisnis di Balik Toilet SPBU Pertamina
PKS Minta Menteri Erick Thohir Fokus di Tugas Strategis Ketimbang Urusi Toilet SPBU
Ahok Tak Masalah Toilet SPBU Pertamina Berbayar: Tapi Harus Bersih Setara Toilet Mal
Kata Ahok Soal Permintaan Layanan Toilet SPBU Pertamina Digratiskan
Toilet SPBU Pertamina Bisa Raup Rp100.000 per Hari, Duitnya Buat Apa?

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pertamina
  3. Erick Thohir
  4. SPBU
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini