Solusi untuk Dorong Masyarakat Gunakan BBM Oktan Tinggi

Jumat, 19 Juni 2020 15:04 Reporter : Merdeka
Solusi untuk Dorong Masyarakat Gunakan BBM Oktan Tinggi SPBU. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi diminta untuk mendorong masyarakat beralih ke Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan kandungan oktan atau RON tinggi seperti Pertamax Cs. Sebab, penggunaan Premium atau BBM oktan rendah sudah tidak sesuai dengan perkembangan zaman. Apalagi, kendaraan bermotor mayoritas sudah menggunakan teknologi terbaru yang mengharuskan konsumsi BBM oktan tinggi.

Direktur Executive Energy Watch, Mamit Setiawan menilai, untuk mendorong konsumsi BBM RON tinggi, penjualan premium sudah seharusnya mulai dibatasi. Hanya saja, harus diakui ada tantangan lain, sisi konsumsi solar subsidi. Sebab, banyak kendaraan angkutan yang masih memerlukan solar. Jika tidak ada solar subsidi bisa berakibat naiknya ongkos transportasi dan harga barang bisa naik juga.

Namun dia yakin, pemerintah punya skema terbaik mendorong kendaraan angkutan menggunakan BBM dengan kualitas bagus. Bahkan, agar konsumsi BBM RON tinggi seperti Pertamax bisa lebih tinggi, pemerintah disarankan mendorong masyarakat untuk beralih ke Pertamax series.

"Selain itu, menyediakan bahan bakar dengan kualitas yang lebih baik dengan harga yang lebih murah. Misalnya RON 92 seharga RON 88 atau RON 90," katanya di Jakarta, Jumat (19/6).

Pemerintah, kata Mamit, bisa membuat standar bahan bakar yang lebih baik dan segera menerapkannya, misalnya Euro IV. Demikian juga membuat kebijakan fuel economy untuk kendaraan bermotor yang progresif.

Mengenai keunggulan BBM RON tinggi seperti seri Pertamax, ibarat makanan bergizi bagi kendaraan. "Kalau BBM yang dipakai berkualitas, maka performa dan keawetan mesin juga sangat terjaga. Karena itu pula, maka tidak menjadi persoalan ketika kendaraan keluaran lama pun mempergunakan Pertamax," katanya.

Selain berdampak negatif bagi mesin kendaraan bermotor, BBM RON rendah juga berakibat buruk terhadap lingkungan hidup dan kesehatan. Karena pembakaran tidak sempurna, maka BBM RON rendah akan menghasilkan emisi sangat tinggi. Selain itu, juga akan menghasilkan karbon monoksida dan nitrogen dioksida yang juga tinggi.

Baca Selanjutnya: Dorong Penurunan Emisi...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Harga BBM
  3. BBM Premium
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini