SKK Migas: Sektor Kelistrikan Turunkan Konsumsi Gas

Kamis, 16 Mei 2019 14:33 Reporter : Merdeka
SKK Migas: Sektor Kelistrikan Turunkan Konsumsi Gas PLN. Istimewa ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat bahwa sektor kelistrikan mengurangi komitmennya dalam mengonsumsi gas untuk memproduksi listrik oleh pembangkit.

Wakil Kepala SKK Migas Sukandar mengatakan, berdasarkan rencana awal sektor kelistrikan melalui PT PLN (Persero) membutuhkan 17 kargo gas alam cair (Liqufied Natural Gas/LNG), namun seiring berjalannya waktu rencana tersebut dibatalkan.

"PLN mengurangi pemakaian, awalnya mereka butuh 17 kargo," kata Sukandar, di saat Rapat dengan Komisi VII DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (16/5).

Sukandar melanjutkan, alokasi gas sektor kelistrikan menurun menjadi enam kargo pada tahun ini, hal ini disebabkan penurunan konsumsi gas oleh pembangkit listrik sebagai konsumen gas, bukan karena pasokan gasnya yang mengalami penurunan.

"Tetapi nyatanya jadi enam kargo, bukan semata pasokan gasnya yang kurang," tuturnya.

Menurut Sukandar, SKK Migas akan menjual 11 kargo gas, sisa kargo gas sebelumnya merupakan alokasi gas untuk sektor kelistrikan yang tidak diserap PLN.

"Jadi, kami menjual 11 kargo ini. Ini di drive karena permintaan PLN," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini