Skenario Terbaru Pemindahan PNS ke Ibu Kota Baru, Termasuk Siapkan Fasilitas Menarik

Jumat, 7 Oktober 2022 08:00 Reporter : Idris Rusadi Putra
Skenario Terbaru Pemindahan PNS ke Ibu Kota Baru, Termasuk Siapkan Fasilitas Menarik PNS. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) tengah menyelesaikan asesmen untuk rencana pemindahan aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) ke ibu kota negara (IKN) Nusantara. Pihak KemenPAN-RB berharap tidak dilakukan dengan paksaan.

"Kami sedang melakukan asesmen terkait hal itu. Namun, total keseluruhan aparatur sipil negara (ASN) yang akan dipindahkan belum dapat kami sampaikan," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Anas dikutip dari Antara, Jumat (7/10).

Selain melakukan asesmen, lanjut dia, KemenPAN-RB juga mendapat perintah dari Presiden Joko Widodo untuk mempersiapkan beberapa skenario terkait pemindahan dan digitalisasi ASN di IKN Nusantara.

"Hal ini sedang kami sempurnakan. Ada beberapa skenario, mulai dari 20.000 ASN, 60.000, dan 100.000. Yang pasti bertahap," ucapnya.

2 dari 2 halaman

Tawarkan Hal Menarik

Dalam proses pemindahan tersebut, Azwar mengatakan, kementerian akan menawarkan berbagai hal menarik yang bisa dinikmati ASN terutama kondisi lingkungan yang nantinya akan lebih baik dan nyaman.

Misalnya, fasilitas pendukung yang lengkap dan memadai, seperti rumah sakit terbaik, sekolah unggulan dari TK hingga perguruan tinggi, udara yang segar tidak ada polusi, tidak ada kemacetan, serta elektrifikasi yang lebih luas.

Menurut dia, kondisi tempat tinggal dan kerja yang lebih nyaman serta tertata dengan lingkungan yang asri akan menjadi impian semua orang.

"Dengan suasana lingkungan menarik dan nyaman tentu harapannya tidak ada paksaan untuk pindah ke IKN. Harapannya seperti itu," ujarnya.

Baca juga:
Bertemu Parlemen Rusia, Puan Tagih Janji Putin Bangun Kereta di Ibu Kota Baru
Kisah Kedekatan Indonesia-Rusia, Soekarno Sering Dikirimi Selai & Puding Terbaik
Ibu Kota Baru Punya Tol Bawah Laut Terdalam di Dunia, Tender Mulai 2023
Jokowi Siapkan Insentif untuk Investor Bangun Ibu Kota Baru, Seperti Apa?
Ini Strategi Pemerintah Jadikan IKN Kota Layak Huni

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini