Hindari sistem one way di Tol Cipali, pemudik diminta tunda kepulangan

Rabu, 20 Juni 2018 15:30 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Hindari sistem one way di Tol Cipali, pemudik diminta tunda kepulangan One Way diberlakukan dari Cipali hingga Halim. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Arus balik kendaraan yang melalui ruas tol Cipali dan Cipularang menuju Jakarta makin meningkat. Mengantisipasi kemacetan panjang, Kepolisian dan Jasamarga melakukan rekayasa lalu lintas dengan memberlakukan sistem satu arah atau one way mengarah ke Jakarta mulai Selasa (19/6) sore.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan kemungkinan besar skema one way masih akan terus dilakukan di ruas tol Cipali. Namun hal itu sepenuhnya wewenang Kepolisian berdasarkan keadaan di Lapangan.

"Ada kecenderungan seperti yang terjadi tadi malam, mulai dari Brebes itu dilakukan one way dari Brebes sampai Jakarta bahkan. Kami diskusi dengan Polri. Kemarin itu jam 3 diinformasikan akan dilakukan one way mungkin dengan skema yang sama, akan ada announcement dari Kakorlantas apa ini akan one way atau tidak. Kecenderungan akan dilakukan. Tapi komando ada di Kakorlantas," ungkapnya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (20/6).

Selain itu, kata Budi ada rencana untuk memberlakukan contra flow secara permanen di ruas tol Cipali. "Dalam diskusi dengan Polri memang ada beberapa skenario. Untuk di Cipali bisa dikatakan kontra flow menjadi permanen. Karena memang load dari timur ke barat itu lebih banyak dari barat ke timur," imbuhnya.

Karena itu, dia mengimbau masyarakat yang berencana kembali hari ini, agar mengatur kembali jadwal kepulangan ke Ibu Kota agar jangan sampai malah terjebak kepadatan.

"Sehingga mereka aware, bahwasanya mereka harus mencari jalan kedua kalau bisa mereka menunda jangan hari ini, besok saja. Besok pasti sudah mulai turun, Jumat Sabtu, masih bisa berakhir pekan. Jadi bagi pemudik untuk lebaran ketupat jangan hari ini. Karena besar ini akan dilakukan one way," tandasnya. [azz]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini