Sistem CAT dalam Seleksi CPNS Diyakini Kurangi Praktik Kecurangan

Senin, 6 September 2021 14:49 Reporter : Dwi Aditya Putra
Sistem CAT dalam Seleksi CPNS Diyakini Kurangi Praktik Kecurangan CPNS. ©2018 liputan6.com

Merdeka.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menjamin pelaksanaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dengan Sistem Computer Assisted Test (CAT) meminimalisir praktik-praktik kecurangan. Sebab dengan sistem ini setiap pelamar ASN harus melalui proses seleksi sehingga tidak ada jalur instan untuk menjadi CPNS atau PPPK.

"Dengan adanya sistem CAT BKN, proses seleksi tidak memungkinkan untuk diterobos apalagi dengan jalur-jalur instan," kata Sekretaris Kemenpan RB, Dwi Wahyu Atmajim di sela-sela tinjauannya ke Tilok SKD Kanreg I BKN Yogyakarta, ditulis Senin (6/9).

Dwi juga mengingatkan para masyarakat umumnya dan para peserta Seleksi ASN 2021 khususnya agar waspada dan jangan percaya terhadap praktik-praktik percaloan. Menurutnya potensi adanya oknum calo yang mendekati peserta untuk menjanjikan kelulusan sangat memungkinkan di tengah proses rekrutmen saat ini.

Untuk itu dia mengimbau seluruh lapisan masyarakat termasuk para orang tua peserta untuk tidak sekali-kali menyakini jika ada oknum yang mengaku bagian dari Instansi tertentu dan bisa menjanjikan kelulusan dengan sejumlah uang.

"Jadi jangan percaya kalau ada orang-orang yang menawarkan diri bisa membantu apalagi minta imbalan uang itu, sudah pasti penipuan," tegasnya.

Berdasarkan data dari BKN, pelaksanaan SKD CPNS dan Seleksi Kompetensi bagi PPPK Guru dan non-Guru diikuti oleh 3.339.722 peserta yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) dalam tahapan Seleksi Administrasi sampai hasil masa sanggah dari total 4.034.366 juta pelamar.

Oleh karena itu, menurutnya ini akan menjadi seleksi yang sangat ketat dan mengimbau kepada para peserta agar Percaya diri, tampilkan kemampuan terbaiknya dan tidak ada satu orangpun yang bisa membantu untuk diterima sebagai CASN. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini