Simak Cara dan Syarat Mendaftar Jadi Mitra Kartu Prakerja bagi Platform Digital

Senin, 27 April 2020 13:47 Reporter : Dwi Aditya Putra
Simak Cara dan Syarat Mendaftar Jadi Mitra Kartu Prakerja bagi Platform Digital Kartu Prakerja Segera Dibuka, Ini 7 Platform Pelatihan Digital yang Bisa Digunakan. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Manajemen Kartu Prakerja membeberkan membeberkan beberapa cara platform digital untuk bisa mendaftar menjadi mitra program kartu prakerja. Seperti diketahui, saat ini baru terdapat delapan mitra platform digital yang menjadi mitra pemerintah, di antaranya Tokopedia, Ruang Guru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijar Mahir, dan Kemnaker.go.id.

Direktur Kemitraan dan Komunikasi PMO Kartu Prakerja, Panji Winanteya Ruky mengatakan, untuk mendaftar jadi mitra platform digital program kartu prakerja caranya cukup mudah. Perusahaan hanya perlu mendaftar atau mengajukan melalui email ke info@prakerja.go.id.

"Cara mendaftar mitra jadi platform digital cukup email ke info@prakerja go.id tunjukkan kepada tim kemitraan manajemen pelaksana kartu prakerja, cukup lampirkan company profile, link situs web yang sudah beroperasi," kata Panji saat video conference di Jakarta, Senin (27/4).

Kemudian langkah kedua, yakni para platform digital harus lebih dulu mempelajari Permenko Nomor 20 Tahun 2020 dan PMK 25 Tahun 2020. Di mana aturan tersebut, menjelaskan beberapa kriteria dan persyaratan dokumen untuk para platform digital yang bermitra.

"Siapkan dokumentasi untuk memenuhi persyaratan karena secara detail itu diatur di dalam permenko dan PMK bagaimana cara kriteria dan syarat secara detail," imbuh dia.

Setelah itu selesai, manajemen pelaksana akan mengevaluasi situs atau aplikasi digital apakah telah memberikan layanan terhadap e-marketplace atau tidak. Jika semua kriteria masuk, maka manajemen pelaksana selanjutnya akan menghubungi calon mitra untuk evaluasi dan verifikasi syarat dan kesanggupan memenuhi kewajiban

"Jika dapat menyelesaikan memenuhi syarat-syarat dan sanggup memenuhi kewajiban sepakat untuk bermitra maka kita bisa lanjut penandatanganan nota kesepahaman yang kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama jika memang semua setelah dipenuhi syarat-syaratnya kira-kira begitu . Jadi ini cara mendaftar jadi mitra platform digital saat ini," jelasnya.

1 dari 2 halaman

Syarat

Panji menjelaskan, paltform digital juga perlu memperhatikan syarat untuk jadi mitra kartu prakerja. Pertama, lembaga pelatihan harus bekerjasama dengan platform digital.

"Kemudian, memiliki tata kelola untuk Kartu Prakerja, menyediakan pelatihan sesuai kebutuhan pasar kerja. Ada kurikulum, memiliki silabus yang terstruktur juga menyediakan sarana dan prasarana, baik itu yang offline berupa kelas tatap muka, maupun yang online berupa teknologi informasi untuk delivery dari materi konten dan sistem dan evaluasi dari pelatihan itu sendiri," beber Panji.

Lembaga pelatihan harus memiliki tenaga pendidik yang berkualifikasi, memiliki sistem evaluasi pembelajaran. Selain itu, Panji menyebutkan bahwa tenaga bagi badan usaha swasta harus memiliki NIB dari OSS. "Jadi harus ada sistem evaluasi, harus ada tes, harus ada ujian, yang bentuknya diserahkan kepada lembaga pelatihan tapi mereka harus memiliki sistem untuk mengevaluasi para pembelajar," kata dia.

Sementara itu, Panji juga membeberkan kewajiban bagi mitra lembaga pelatihan, di antaranya termasuk memberikan pelatihan dan memberikan sertifikat kepada peserta yang telah menuntaskan pelatihan.

"Tidak membedakan materi pelajaran antara peserta pelatihan umum dan peserta kartu prakerja. Juga melaporkan pelaksanaan pelatihan kepada PMO melalui platform digital, karena kami harus mengetahui apakah pelatihan itu telah dituntaskan atau tidak," jelas Panji.

2 dari 2 halaman

Jenis Kemitraan

Panji menjelaskan, ada 3 jenis kemitraan dalam kartu prakerja. "Jadi, ada tiga pihak yang perlu kita kenali dan kita pahami," ujarnya.

Adapun kemitraan yang dimaksudkan, antara lain;

1. Lembaga Pelatihan

Menawarkan pelatihan via Platform Digital dan (jika dipilih peserta), juga menyediakan pelatihan bersertifikasi kepada Peserta Kartu Prakerja. "Sampai saat ni, sudah terdapat lebih dari 220 lembaga pelatihan yang menawarkan 2.000 lebih jenis pelatihan," kata Panji

2. Mitra Platform Digital

Pasar atau e-marketplace memfasilitasi peserta kartu prakeja untuk mencari dan memilih jenis pelatihan yang ditawarkan oleh Lembaga Pelatihan. "Jadi tolong bedakan peran platform digital sebagai penyedia pasar, dan peran lembaga pelatihan sebagai penyedia pelatihan," jelasnya.

3. Mitra Pembayaran

Bank Umum milik negara atau penyelenggara uang elektronik memfasilitasi penyaluran dana insentif ke akun peserta Kartu Prakerja tanpa dibebankan biaya. "Jadi menjalankan tugasnya sebagai bank atau uang elektronik, tidak lebih dari itu," ujar Panji.

Reporter: Pipit Ika Ramadhani

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Semi Bansos, Kartu Prakerja Hanya Bisa Diikuti Online selama Pandemi Corona
PKS Desak Program Kartu Prakerja Disetop: Jelas Dipaksakan dan Akal-akalan
Pelatihan Kartu Prakerja Tuai Kritik, Ini Pengakuan Peserta
Pemberian Manfaat Program Kartu Prakerja Dinilai Rumit
Dinilai Tidak Efektif, PAN Desak Program Kartu Prakerja Ditunda
Ada 4 Platform Digital Siap Jadi Mitra Program Kartu Prakerja

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini