Siaran TV Analog Dimatikan di Jatim Mulai 20 Desember, Cek Harga Set Top Box Terbaru

Jumat, 9 Desember 2022 14:35 Reporter : Idris Rusadi Putra
Siaran TV Analog Dimatikan di Jatim Mulai 20 Desember, Cek Harga Set Top Box Terbaru Set Top Box. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Usman Kansong menyebut bahwa analog swithc off (ASO) akan dilakukan di Jawa Timur (Jatim) 1. Sebelumnya, Kominfo telah melakukan hal sama di wilayah Jabar, Jateng 1, Yogyakarta, dan Kepulauan Riau 1.

"Lembaga penyiaran bersepakat melaksanakan penghentian siaran analog ke siaran tv digital pada tanggal 20 Desember 2022 pukul 24.00 untuk wilayah Jawa Timur-1. Distribusi set top box (STB) untuk keluarga miskin di Jatim1 sudah mencapai 100 persen sebelum tanggal 20 Desember 2022," kata Usman kepada Merdeka.com melalui pesan singkat, Jumat (9/12).

Kominfo menyambut baik kesepakatan lembaga penyiaran menghentikan siaran analog (ASO) tersebut. Pemerintah juga mengapresiasi komitmen Gabungan Pengusaha Elektronika (Gabel) yang merupakan asosiasi vendor STB dan tv digital menjamin ketersediaan STB dipasaran dengan harga terjangkau.

"Kominfo mendorong masyarakat di Jatim 1 yang TV-nya masih analog untuk melengkapi dengan STB dari sekarang agar pada saat ASO 2 Desember 2022 sudah siap menikmati siaran tv digital yang bersih gambarnya, jernih suaranya dan canggih teknologinya," ujar Usman.

Dalam program ASO ini, masyarakat yang ingin menonton televisi dengan menggunakan televisi analog wajib memiliki Set Top Box (STB).

Set Top Box adalah perangkat konversi sinyal digital untuk menghasilkan gambar dan suara. Kualitas Set Top Box yang terbaik dengan fitur terlengkap, pasti memiliki harga jual yang lebih mahal.

2 dari 2 halaman
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini