Siapkan Aturan, Kepulauan Riau Bakal Terbuka untuk Turis Asing

Senin, 11 Oktober 2021 18:15 Reporter : Merdeka
Siapkan Aturan, Kepulauan Riau Bakal Terbuka untuk Turis Asing Potret Hotel Mewah di Bintan dengan Kolam Renang Terbesar. Sumber: treasurebaybintan.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pemerintah tengah menggodok aturan agar Kepulauan Riau (Kepri) agar bisa terbuka untuk turis asing.

"Terkait dengan kesiapan Kepri untuk membuka terhadap turis, ini sudah dipersiapkan," kata Airlangga dalam sesi teleconference, Senin (11/10).

Airlangga mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar Kepri juga menyediakan fasilitas isolasi terpusat (isoter) bagi para turis yang berkunjung ke sana.

"Jadi selain rumah sakit disiapkan isolasi terpusat, sehingga tentunya kesiapan membuka daerah ini betul-betul jadi percobaan yang nantinya bisa direplikasi di daerah lain sesuai dengan waktunya," tuturnya.

Secara pelaksanaan, Airlangga mematok Kepri agar bisa terbuka untuk wisatawan asing sama seperti Bali, yakni pada 14 Oktober 2021 mendatang.

"Dan rencananya diberlakukan pada tanggal 14, dan nanti akan diterbitkan surat edaran resmi," ungkap dia.

Pembukaan Kepri untuk turis asing juga akan memberlakukan persyaratan yang sama seperti di Pulau Dewata. Seperti, berasal dari negara dengan kasus konfirmasi (positivity rate) Covid-19 di bawah 5 persen.

Kemudian hasil negatif PCR 3x24 jam, bukti vaksinasi lengkap dosis kedua minimal 14 hari sebelum keberangkatan, hingga asuransi kesehatan dengan nilai pertanggungan minimum USD 100 ribu, mencakup pembayaran penanggungan Covid-19.

"Mekanismenya berlaku sama (seperti di Bali), baik terhadap negara-negara yang bisa masuk maupun terkait persyaratan termasuk persyaratan asuransi," ujar Airlangga.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini